Peningkatan Kemampuan Siswa Mempelajari Huruf Hiragana Melalui Media Hiragana Card Dan Aplikasi Smartphone Pada Siswa Kelas X Sma Yayasan Pandaan Tahun Ajaran 2014-2015
Main Author: | Susanti, Yuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101667/ |
Daftar Isi:
- Pada era globalisasi, bahasa dan teknologi sudah sangat berkembang. Terutama bahasa asing dalam bidang pendidikan seperti SMA. Dalam pembelajaran bahasa asing diperlukan media pembelajaran yang sesuai, contohnya dalam mempelajari huruf hiragana bahasa Jepang digunakan media yang sesuai seperti hiragana card. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan dua media berbeda pada kelas berbeda yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari huruf hiragana yaitu dengan media hiragana card dan aplikasi smartphone. Peneliti memilih kelas X sebagai populasi sedangkan yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas X-1 dan kelas X- 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penggumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Kriteria ketuntasan siswa jika nilai siswa diatas KKM yaitu 75 untuk pelajaran bahasa Jepang. Dari hasil pre-test dan pos-test pertama dan kedua dapat dilihat meningkatnya nilai belajar siswa. Pada siklus kedua rata-rata kelas X-1 adalah 80,10 dan rata-rata kelas X-2 adalah 78,82. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa Jepang khususnya huruf hiragana mengalami peningkatan.