Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengunjung Taman Slamet Kota Malang Yang Mengkonsumsi Produk Bentoel)
Main Author: | Zzahroh, Faiqotu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10165/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan : (1) Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Merek; (2) Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Keputusan Pembelian; (3) Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dimana penelitian dilakukan di Taman Slamet. Variabel Corporate Social Responsibility (CSR) (X1), Variabel antara dari penelitian ini adalah Citra Merek (Y1), dan Variabel independen dari penelitian ini adalah Keputusan Pembelian Produk. Seluruh variabel yang ada akan diukur dengan menggunakan skala Likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 102 orang responden yaitu pengunjung Taman Slamet dan yang mengkonsumsi produk Bentoel yang merasakan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Bentoel Group Malang. Pengambilan jumlah sampel didasarkan pada karakteristik dan perhitungan yang telah ditentukan peneliti. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer mendapatkan sumber data dari kuesioner. Pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap Citra Merek; (2) variabel Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (3) variabel Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk. Dapat disimpulkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) mempengaruhi Citra Merek, dan Keputusan Pembelian, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian, diharapkan pihak perusahaan PT. Bentoel Group dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR), karena variabel Corporate Social Responsibility (CSR) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk.