Using Picture Series To Improve Students’ Writing Ability In Narrative Text Through Think Pair Share Strategy (A Classroom Action Research At 8-C Class Of Smp Negeri 3 Kedungwaru, Tulungagung)

Main Author: Ferriansyah, Afrizal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101625/
Daftar Isi:
  • Dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, menulis adalah salah satu kemampuan yang di ajarkan. Meskipun demikian, menulis tidaklah mudah bagi siswa. Berdasarkan penelitian awal yang telah dilakukan oleh peneliti, hampir seluruh siswa kelas VIII-C mendapatkan kesulitan dalam menemukan kosa kata yang tepat dan mengembangkan ide menjadi paragraf. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menyarankan gambar berseri melalui strategi Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks naratif di kelas VIII-C SMPN 3 Kedungwaru, Tulungagung. Gambar berseri melalui strategi TPS cocok untuk mengatasi masalah tersebut karena hasil dari angket yang dibagikan pada siswa menjawab bahwa hampir semua siswa menginginkan belajar secara berklompok dan menggunkan gambar berseri sebagai medianya. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang di adopsi dari Kemmis dan Mc. Taggart (1988) untuk mengatasi masalah yang disebutkan sebelumnya. Dengan menjalankan prosedur PTK, penelitian ini menggunkan strategy Think Pair Sahre yang di sarankan oleh Pardosi dan Rezeki (2013) dan dengan menggunakan gambar berseri yang disarankan oleh Rachmawati dkk. (2013). Peneliti menggunakan beberapa perangkat untuk mendukung pengumpulan data ketika penelitian sedang berlanjut. Perangkat tersebut diantaranya angket, panduan wawancara, lembar observasi, dan catatan lapang. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari 3 pertemuan. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian, terdapat peningkatan pada nilai siswa dari pre-test ke post-test. Nilai rata-rata siswa di post-test lebih baik dari pada nilai di pre-test. Nilai-nilai tersebut dapat menjawab dari dua kriteria sukses pada penelitian ini. Kriteria pertama yaitu ketika nilai rata-rata siswa dalam kosakata meningkat 5 poin. Kriteria pertama telah sukses saat nilai rata-rata kosakata siswa di post-test meningkat 6,83 poin dibandingkan nilai rata-rata pada pre-test. Kriteria sukses yang kedua adalah jika nilai rata-rata siswa dalam pengembangan ide meningkat 5 poin. Dalam penelitian ini nilai rata-rata tersebut meningkat 15,8 poin. Sehingga dapat disimpulkaan bahwa gambar berseri melalui strategi TPS mampu membantu siswa dalam menemukan kosa kata yang tepat dan mengembangkan ide pada menulis teks naratif. Jadi peneliti menyarankan kepada guru bahasa Inggris untuk menerapkan strategi ini pada subyek yang berbeda, kemampuan yang berbeda, atau jenis teks yang berbeda tergantung pada masalah yang dihadapi siswa. Dan untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi jika ingin menggunakan strategi yang sama.