Pengaruh Teman Sebaya dan Perilaku Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Memproduksi Teks Eksplanasi Kelas XI
Main Author: | Khoiron, Alfan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101604/1/SKRIPSI_ALFAN_KHOIRON_FIB_UB_115110701111010.pdf http://repository.ub.ac.id/101604/ |
Daftar Isi:
- Dalam Pembelajaran memproduksi teks eksplanasi, peran teman sebaya dibutuhkan untuk berdiskusi, bertukar ide, wawasan, dan gagasan. Selain itu, perilaku belajar juga berpengaruh terhadap kegiatan memproduksi teks eksplanasi. Hal itu disebabkan oleh sering membaca buku, memantapkan pelajaran, aktif bertanya, dan mempelajari materi yang diajarkan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, (1) pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar memproduksi teks eksplanasi, (2) pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar memproduksi teks eksplanasi, dan (3) pengaruh teman sebaya dan perilaku belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar memproduksi teks eksplanasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 10 Malang Kampus 2. Ancangan penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah korelasional yaitu untuk menguji variabel bebas terhadap variabel terikat. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah kuesioner untuk variable bebas dan studi dokumentasi untuk variable terikat. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI yang berjumlah 95 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling.Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang terdiri atas uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji t, dan uji F. Alat yang digunakan untuk menguji data adalah IBM SPSS Statistics Version 22. Hasil penelitian menunjukkan (1) teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar memproduksi teks ekspalansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H1 diterima,(2) perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar memproduksi teks eksplanasi dengan signifikansi 0,000 < 0,005, maka H1 diterima,(3) teman sebaya dan perilaku belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar memproduksi teks eksplanasi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005, maka H1 diterima.