Cultural Content Analysis in English Textbooks Entitled “Bahasa Inggris” for Second Year Students of Senior High School
Main Author: | Haryati, Susanti Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1016/1/Susanti%20Dwi%20Haryati.pdf http://repository.ub.ac.id/1016/ |
Daftar Isi:
- Buku teks memiliki peran penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Sehubungan dengan itu, buku teks Bahasa Inggris harus memenuhi kriteria buku teks yang bagus. Berdasarkan Kurikulum 2013 yang menekankan pada pengembangan karakter yang berkaitan dengan kesadaran budaya, mewajibkan buku teks untuk menyajikan konten budaya di dalamnya. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis buku teks Bahasa Inggris yang berjudul "Bahasa Inggris" untuk semester pertama dan kedua siswa kelas 11 SMA. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana jenis budaya dan juga jenis informasi budaya yang terdapat pada buku teks tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diambil dari 11 bab dan sampul buku teks tersebut. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu daftar periksa evaluasi buku teks pelajaran berdasarkan jenis budaya oleh Cortazzi, & Jin (1999) dan jenis informasi budaya yang diajukan oleh Adaskou, dkk. (1990). Analisis tersebut membahas apa dan bagaimana jenis budaya dan jenis informasi budaya dipresentasikan dalam buku teks tersebut. Dari penelitian ini ditemukan urutan kriteria dari yang paling mendominasi hingga paling sedikit ditemukan di dalam buku teks tersebut berdasarkan jumlah halaman yaitu: 1) Jenis Budaya: budaya sasaran, lokal, dan internasional; 2) Jenis informasi budaya: tugas menulis kontekstual, teks infromatif/deskriptif, ungkapan dan kolokasi, ilustrasi visual, teks yang menyajikan sikap/pendapat asing, dan dialog tentang kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil tersebut, penulis buku disarankan untuk: 1) Jenis budaya: menyajikan budaya lokal, budaya sasaran, dan budaya internasional dengan porsi yang sama; 2) Jenis informasi budaya: melengkapi buku dengan rekaman suara yang mengandung konten budaya dan memperhatikan kontradiksi budaya. Sedangkan untuk guru, penulis menyarankan mengadopsi buku teks tersebut untuk kegiatan pembelajaran. Lebih lanjut disarankan agar peneliti selanjutnya mengevaluasi buku teks dari perspektif guru dan siswa atau hal lainnya.