Students’ Motivation on Learning English at TOEFL Program of ELFAST English Course in Pare
Main Author: | Sugeha, AnisaZuhria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101575/1/COVER_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/101575/2/ABSTRACT.pdf http://repository.ub.ac.id/101575/3/CHAPTER_1.pdf http://repository.ub.ac.id/101575/4/CHAPTER_II.pdf http://repository.ub.ac.id/101575/5/CHAPTER_IV.pdf http://repository.ub.ac.id/101575/6/CHAPTER_V.pdf http://repository.ub.ac.id/101575/ |
Daftar Isi:
- Saat ini, menguasai bahasa asing sangat penting untuk menyesuaikan diri dengan zaman globalisasi. Dalam pembelajaran bahasa kedua, ada beberapa faktor yang mempengaruhi pelajar untuk sukses dalam mempelajari bahasa asing. Salah satu faktor tersebut adalah motivasi. Motivasi adalah alasan mengapa seseorang melakukan sesuatu berdasarkan pada keinginannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab 3 masalah, yaitu: (1) apa tipe-tipe motivasi yang digunakan oleh siswa program TOEFL di kursus bahasa Inggris ELFAST di Pare?; (2) apa tipe motivasi dominan dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa program TOEFL di kursus bahasa Inggris ELFAST di Pare?; (3) adakah hubungan antara motivasi yang digunakan oleh siswa program TOEFL di di kursus bahasa Inggris ELFAST di Pare dan nilai TOEFL mereka?. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori Gardner (1985) tentang motivasi. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.Instrumen yang digunakan untuk menyelidiki motivasi adalah kuesioner AMTB dirancang oleh Gardner (1985).Sumber data dari penelitian ini adalah 24 siswa program TOEFL yang terbagi menjadi 3 kelas, A, B, dan C. Dalam mengumpulkan data, penulis melakukan proses menyebar kuesioner dan memasukkan ke dalam tabel. Kemudian, penulis menganalisa data dengan menghitungnya menggunakan aplikasi komputer bernama Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tipe motivasi yang digunakan oleh siswa pada program TOEFL di kursus bahasa Inggris ELFAST di Pare adalah motivasi instrumental dan motivasi integratif dan tipe motivasi dominan pada siswa program TOEFL di kursus bahasa Inggris ELFAST di Pare adalah motivasi instrumental. Berkaitan dengan hubungan antara motivasi dan nilai TOEFL siswa, korelasi signifikan positif dinyatakan antara motivasi dan kecakapan berbahasa Inggris siswa yang diukur berdasarkan nilai akhir TOEFL. Melalui penelitian ini, Penulis memberikan saran kepada peneliti berikutnya untuk menganalisis motivasi dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan instrumen kuesioner Attitude/Motivation Test Battery (AMTB) dalam mengumpulkan data dan menjelajah lebih mengenai alasan tentang motivasi dalam kuesioner tersebut. Peneliti berikutnya juga dapat mengembangkan penelitian motivasi dan mengkorelasikan dengan bidang lain pada pembelajaran bahasa kedua, seperti strategi pembelajaran, gaya belajar atau lainnya.