The Implementation Of Online English Test At Indonesian Senior High School Context: A Case Study At Smkn 5 Malang

Main Author: Septiantrini, Nia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101563/
Daftar Isi:
  • Penilaian adalah salah satu element penting di dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan hasil pembelajaran. Salah satu bentuk penilaian adalah penilaian summative. Penilaian summative bisa berbentuk tes. Saat ini, bentuk tes telah dipengaruhi oleh teknologi. Tes bisa berbentuk tes online dengan menggunakan sistem computer-based dan paper-and-pen test. Penelitian ini fokus pada pelaksanaan tes online bahasa Inggris di Indonesia khususnya di konteks sekolah menengah atas. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan tes online di SMKN 5 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pelaksanaan tes online di SMKN 5 Malang. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Penelitian ini bertempat di SMKN 5 Malang. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, staf IT, guru dan enam siswa dari kelas sebelas Kayu. Selain itu, instrument yang digunakan untuk mengambil data adalah lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang didapat dari penelitian ini, dapat ditemukan bahwa pelaksanaan tes online Bahasa Inggris di Indonesia, khususnya di SMKN 5 Malang adalah bagus. Desain sistem yang digunakan sesuai dengan standart dan kriteria dari teori Hang. Sistem yang dipakai memudahkan siswa dan guru untuk mengerjakan tes online. Kebutuhan dasar yang seharusnya masuk seperti, test database support, test paper, organization of examination, marking, statistical analysis results, and query result (Hang,2011) muncul selama pelaksanaan tes online Bahasa Inggris. Kemudian, kriteria untuk Staf IT, guru dan siswa juga telah memenuhi kriteria dari teori yang telah disampaikan. Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini, peneliti memberikan saran untuk SMKN 5 Malang agar memperbaiki jaringan internet dan menambah fasilitas sekolah seperti komputer dan memperbaharui Wi-Fi. Kemudian guru seharusnya memberikan perhatian lebih selama tes online berlangsung. Dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan bisa membahas tentang perbandingan antara paper-and pen test dengan computer based test dan memilih aplikasi lain seperti web-based test dan computer adaptive test.