Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual ( Video Kosakata ) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Bojonegoro Tahun 2015

Main Author: Rahmawati, ItsnaNovita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101548/1/Skripsi_-_Itsna_.pdf
http://repository.ub.ac.id/101548/
Daftar Isi:
  • Di dunia pendidikan yang sedang berkembang pesat ini, banyak sekolah-sekolah yang memilih bahasa Jepang sebagai bahasa Asing. Dalam mempelajari bahasa Jepang, hal yang harus diperhatikan adalah penguasaan kosakata. Sebagian besar penguasaan kosakata yang dimiliki siswa di sekolah masih sangat kurang, karena kurang menariknya media yang digunakan oleh guru. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran kosakata adalah media audio visual. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektifitas media audio visual dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang dan bagaimana prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah menggunakan media audio visual. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektifitas media dan ada tidaknya peningkatan prestasi siswa setelah belajar dengan menggunkanan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mencari efektifitas media dan tes untuk mengetahui prestasi siswa. Dari jumlah populasi sebanyak 117 siswa, sampel yang digunakan adalah sebanyak 27 siswa. Hasil dan penelitian ini menunjukkan bahwa media audio visual terbukti efektif. Ini dapat dilihat dan hasil angket yang mencapai kriteria sangat kuat yaitu sebesar 90,05%. Selain itu, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan media audio visual sebagai media pembelajaran kosakata. Peningkatan ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest sebesar 61,63 menjadi 88,89.