Daftar Isi:
  • Bahasa asing seperti bahasa Inggris jarang dipergunakan oleh pembicara yang tinggal di negara yang sehari-hari tidak menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu untuk menguasai bahasa Inggris, ada dua faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar bahasa yang harus diperhatikan. Faktor tersebut adalah motivasi dan perilaku. Penulis melakukan penelitian mengenai motivasi dan perilaku mahasiswa Program Studi Sastra Inggris semester pertama dan juga hubungan kedua dari kedua faktor tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga yaitu: (1) Seberapa tinggi tingkat motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Sastra Inggris semester pertama di Universitas Brawijaya, (2) Seberapa tinggi tingkat perilaku yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Sastra Inggris semester pertama di Universitas Brawijaya dan (3) Apa hubungan antara motivasi dan perilaku yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Sastra Inggris semester pertama di Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena data yang dianalisis dalam bentuk analisis statistik. Data yang diperoleh berasal dari kuesioner Attitude Motivation Test Battery (AMTB) dengan peserta berjumlah 119 orang. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa mahasiswa Program Studi Sastra Inggris semester pertama di Universitas Brawijaya memiliki integrative motivation dan instrumental motivation. Mereka juga memiliki perilaku yang baik terhadap pembelajaran bahasa Inggris dan juga perilaku yang baik terhadap penutur bahasa Inggris. Terdapat hubungan yang kuat antara motivasi dan perilaku. Penulis menyarankan kepada mahasiswa Program Studi Sastra Inggris agar lebih sering berinteraksi dengan penutur asli bahasa Inggris dan juga mengambil mata kuliah yang memiliki tujuan khusus. Para pengajar disarankan untuk mendesain kegiatan belajar-mengajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Peneliti selanjutnya disarankan supaya melakukan penelitian mengenai motivasi dan perilaku atau sikap yang mempengaruhi lainnya dengan menggunakan pendekatan yang berbeda.