Vowel Sounds Recognition of Seventh Semester Students at Study Program of English Universitas Brawijaya Using Phonemic Restoration Effect (PRE) Test.
Main Author: | Putri, CelyaIntanKharisma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101476/1/051501342_-_Celya_Intan.pdf http://repository.ub.ac.id/101476/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan menyimak merupakan satu dari empat aspek utama dalam mempelajari bahasa asing. Dewasa ini, ujian masuk, ujian keluar universitas atau kerja dan ujian-ujian lain seringkali mengikutsertakan aspek menyimak sebagai salah satu bagian penting yang diujikan untuk mengukur kecakapan bahasa asing pelamar. Dalam penelitian ini, terdapat dua rumusan masalah, yakni: (1) Strategi menyimak tipe apa yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa semester tujuh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya saat mengenali suara vokal dan (2) Apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan bagi mahasiswa Sastra Inggris semester tujuh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya ketika mengenali suara vokal. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui pengujian Phonemic Restoration Effect dan wawancara terhadap 28 mahasiswa jurusan Sastra Inggris. Data dianalisis dari gabungan antara hasil ujian partisipan dan transkrip wawancara. Penelitian ini menemukan bahwa 14 dari 28 mahasiswa semester tujuh jurusan Sastra Inggris Universitas Brawijaya cenderung menggunakan proses top-down saat menjalani ujian menyimak. Namun, strategi yang paling efektif digunakan oleh partisipan dalam menyimak adalah dengan menggunakan kedua proses top-down dan bottom-up secara bersamaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa faktor terbesar yang membuat partisipan kesulitan saat menjalani ujian menyimak adalah tingkat konsentrasi mereka yang masih rendah dengan 32.14% mahasiswa yang mengalami faktor tersebut. Penulis menyarankan peneliti selanjutnya agar lebih berhati-hati dalam membuat pertanyaan yang akan diujikan. Penulis juga menyarankan mahasiswa untuk memberikan perhatian lebih terhadap kemampuan menyimak dan beberapa aspek terkait kemampuan menyimak. Contohnya, memperkaya kosakata dan melakukan latihan fokus untuk melatih kemampuan mereka dalam berkonsentrasi.