Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi Melalui Teknik Make A Match (Mencari Pasangan) Pada Siswa Kelas Vii F Smp Negeri 1 Batu

Main Author: Yuliani, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101449/
Daftar Isi:
  • Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran berbasis teks, salah satu teks yang diajarkan adalah teks eksplanasi di kelas VII. Pada aplikasinya, pembelajaran tersebut tidak seluruhnya berjalan dengan baik. Seperti yang terjadi di kelas VII F SMP Negeri 1 Batu yang mengalami hambatan atau masalah dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi, yang dibuktikan dengan hasil siswa dalam kegiatan menyusun teks yang kurang dari standar nilai yang ditetapkan. Permasalahan tersebut disebabkan oleh penerapan teknik yang digunakan guru kurang sesuai dengan materi pembelajaran, sehingga membuat siswa merasa jenuh dalam kelas. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan PTK sebagai teknik penelitian untuk menuntaskan masalah yang dialami oleh kelas VII F tersebut, dengan menerapkan teknik make a match (mencari pasangan) dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Pemilihan teknik ini didasarkan oleh penerapannya yang memudahkan siswa dalam menentukan antara struktur teks dengan kalimat yang sesuai. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang sama sesuai dengan teknik make a match (mencari pasangan). Pada siklus I kemampuan siswa meningkat dengan frekuensi +17 (50,1%) dari perolehan pada prasiklus, kemudian meningkat kembali pada siklus II dengan frekuensi +10 (79,5%). Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa penelitian ini bisa dikatakan berhasil karena kemampuan siswa dari prasiklus hingga siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan ketuntasan belajar lebih dari 80%, yaitu 85,3% dengan nilai rata-rata sebesar 78,6. Selain siswa mampu mengatasi kesulitan dalam menyusun teks eksplanasi, siswa juga lebih memiliki rasa semangat belajar yang tinggi sehingga secara tidak langsung berdampak pada hasil belajar siswa yang meningkat. Hal tersebut berdasarkan hasil pengamatan dan angket yang menunjukkan bahwa penerapan teknik make a match (mencari pasangan) dalam pembelajaran menyusun teks dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyusun teks eksplanasi utamanya dalam menentukan antara struktur dengan kalimat yang sesuai.