Improving Students’ Writing Ability Through Mind Mapping (A Classroom Action Research For Eighth Grade Students At Mts Surya Buana Malang)

Main Author: Aziz, MohMahfud
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101445/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang mendasar yang dihadapi oleh guru dalam kelas. Ketika melakukan wawancara dengan guru Bahasa Inggris di MTs Surya Buana Malang, kemampuan siswa dalam menulis Bahasa Inggris masih rendah. Berdasarkan penelitian pendahuluan (preliminary study), ada beberapa masalah yang ditemukan. Siswa-siswa kesulitan mengembangkan ide mereka, tata bahasa yang digunakan dan teks organisasi dalam menulis. Mind mapping digunakan pada awal kegiatan menulis dan dicocokkan pada tahap perancangan. Tujuan dari penerapan strategi mind mapping ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam menulis recount text dan dapat membantu siswa dalam mengorganisasi ide mereka. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kriteria kesuksesan dari penelitian ini adalah jika 60% dari jumlah siswa (18 siswa) dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditentukan yaitu 75 (dari skala 1-100). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 8B dari MTs. Surya Buana Malang yang terdiri dari atas 29 siswa. Langkah-langkah dalam menerapkan strategi di adaptasi dari langkahlangkah dari pembuatan mind mapping oleh Buzan (2007). Penerapan strategi mind mapping mengikuti serangkain langkah-langkah berikut ini: (1) mengenalkan mind mapping kepada siswa dan memberikan contoh konkritnya, (2) mendiskusikan organisasi teks dan bahasa yang digunakan dalam teks recount, (3) memberikan siswa tugas langsung untuk menganalisis karakteristik dari teks recount, (4) meminta siswa untuk membuat mind mapping mereka sendiri berdasarkan pengalaman mereka, (5) menulis teks recount. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat pada aspek nilai siswa yang mencakup content, organization, language dan mechanics. Dalam penelitian pendahuluan (Preliminary Study) ditemukan bahwa hanya 6 siswa (20.69%) yang dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kemudian ada kenaikan pada siklus 1 dan siklus 2. Terdapat 48.3% dari siswa (14 siswa) yang dapat memenuhi KKM pada siklus 1 dan terdapat 69% dari jumlah siswa (20 siswa) yang dapat memenuhi KKM pada siklus 2.