Gambaran Kondisi Psikologis Remaja Pada Tokoh Utama Camille Dalam Film "Un Amour De Jeunesse"

Main Author: Tobing, Tesalonica
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101438/
Daftar Isi:
  • Film merupakan gambaran dari kenyataan dalam kehidupan kita sehari-hari baik diri pribadi maupun dalam bermasyarakat. Permasalahan yang diangkat dalam suatu film tentang kehidupan remaja mampu mempengaruhi kondisi psikologis remaja yang menonton dan berdampak pada pola pikir dan perilaku sehari-hari baik dalam lingkungan keluarga maupun sosialnya. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian pada film “Un Amour de Jeunesse” yang diproduksi oleh Les Films Pelléas untuk mengetahui gambaran kondisi psikologis remaja pada tokoh utama Camille dalam film tersebut. Film ini menceritakan tentang seorang gadis remaja bernama Camille yang sederhana tetapi obsesinya kepada hubungan percintaan dengan kekasihnya bernama Sullivan mempengaruhi kehidupan dan psikologisnya. Penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif ini menggunakan pendekatan psikologi remaja. Kemudian untuk menganalisis psikologis tokoh utama yang terdapat dalam film tersebut, penulis menerapkan Teori Psikologi Remaja dan Teori Psikoanalisis Sigismund Schlomo Freud. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa masa remaja tokoh utama Camille dalam film “Un Amour de Jeunesse” ditandai oleh perubahan yang besar diantaranya kebutuhan untuk beradaptasi dengan perubahan fisik dan psikologis, pencarian identitas, dan membentuk hubungan baru termasuk mengekspresikan perasaan seksual. Dengan emosi yang lebih fluktuatif, remaja tidak dapat diperlakukan sama seperti orang dewasa karena mereka memerlukan pengertian dan kesabaran yang lebih dari orang tua. Penulis menyarankan kepada peneliti berikutnya yang menggunakan film “Un Amour de Jeunesse” sebagai objek kajian menerapkan pendekatan lain, misalnya menggunakan Teori Medan Kurt Lewin untuk menganalisis kepribadian tokoh utama melalui hasil interaksi dari ruang hidup, lingkungan psikologisnya, dan pribadinya.