Code Switching Used by Lecturers in the Study Program of English Literature of Universitas Brawijaya
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mencaritahu alih kode yang digunakan oleh dosen program studi Sastra Inggris Universitas Brawijaya. Terdapat tiga rumusan masalah penelitian yaitu: (1) apa saja jenis alih kode yang digunakan oleh dosen; (2) apa saja alasan alih kode yang digunakan oleh dosen; dan (3) apa pandangan siswa terhadap alih kode yang digunakan oleh dosen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang dianalisis dalam bentuk ucapan-ucapan dosen ketika menjelaskan pelajaran di kelas. Dalam mencapai tujuan penelitian, penulis menerapkan teori tentang jenis- jenis dan alasan-alasan alih kode oleh Hoffmann (1991). Penulis menemukan lima jenis alih kode yang digunakan oleh dosen seperti dalam kalimat (78.1%), antar kalimat (16.7%), emblematic switching (4.4%), dan melanjutkan pembicara sebelumnya (0.7%). Selain itu, ada enam alasan alih kode yang digunakan oleh dosen yang ditemukan seperti mengklarifikasi isi pembicaraan kepada lawan bicara (59.4%), membicarakan topik tertentu (23%), sisipan (interjection) (7.5%), mempertegas sesuatu (4%), menunjukkan identitas suatu kelompok (3.3%), dan pengulangan untuk memperjelas (2.8%). Penulis juga menemukan dua alasan berdasarkan hasil wawancara. Pertama, terdapat beberapa istilah yang lebih mudah untuk dijelaskan menggunakan bahasa Inggris. Kedua adalah untuk membuat diskusi di kelas berjalan lancar. Selain itu, alih kode yang digunakan para dosen memberikan efek yang positif. Menurut pendapat siswa, mereka dapat menambah pemahaman tentang materi yang diajarkan melalui alih kode dosen. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin melakukan studi tentang alih kode untuk menggunakan teori dan objek penelitian yang berbeda. Peneliti berikutnya juga diharapkan untuk menyelidiki fenomena alih kode dengan menggabungkan dengan teori lain seperti gender. Kemudian, penulis menyarankan kepada dosen untuk menggunakan alih kode sebagai sebuah strategi yang berguna dalam mengajar karena hal tersebut memberikan lebih banyak dampak positif untuk pemahaman siswa.