Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh belief dan positive mood terhadap kemampuan perspective taking pada remaja. Terdapat dua variasi dalam belief, yaitu false belief dan true belief. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Design dan melibatkan 60 remaja sebagai partisipan yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kondisi false belief dan true belief menggunakan within subject design, serta kelompok mood positive dan kelompok kontrol merupakan between subject design. Hasil uji hipotesis menggunakan Repeated Measures menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kondisi belief yang signifikan terhadap kemampuan ToM pada remaja (F (1) = 50.52, p = < 0.001), serta menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif mood yang signifikan terhadap kemampuan ToM pada remaja (F (1) = 14.11, p = < 0.001), dan terdapat interaksi yang signifikan antara kondisi belief dan positif mood terhadap kemampuan ToM pada remaja (F (1) = 6.48, p = < 0.05).