The Textbook Analysis: The Communicativeness of a Textbook Entitled Bahasa dan Sastra Inggris (Pemintan Bahasa dan Budaya) Untuk SMA dan MA Kelas X”

Main Author: Wati, Dian Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101357/1/SKRIPSI_-_Copy.pdf
http://repository.ub.ac.id/101357/
Daftar Isi:
  • Buku teks yang berjudul Bahasa dan Sastra Inggris (Peminatan Bahasa dan Budaya) Untuk SMA dan MA Kelas X yang diterbitkan oleh MEDIATAMA Surakarta disusun untuk Program Peminatan yang dikembangkan oleh Kurikulum 2013. Kemampuan buku teks dalam menyajikan materi secara komunikatif menjadi fokus dalam penyusunan buku teks yang baik. Hal itu sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran mandiri dan pembelajaran terpusat pada siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan analisa terhadap kekomunikatifan buku teks tersebut. Aspek yang dianalisa pada buku teks tersebut meliputi aspek aktifitas komunikatif, komponen komunikatif, dan interaksi komunikatif. Alasan peneliti melakukan penelitian pada buku teks ini karena buku teks ini digunakan oleh para guru dan siswa serta menjadi bahan ajar Program Peminatan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan isi buku serta menjelaskan seberapa komunikatif buku teks tersebut. Penelitian ini didasarkan pada empat “checklist” yang dibuat oleh para ahli, antara lain; Cunningsworth (1995), Litz (2005), Lawrence (2011), dan BSNP (2014). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengidentifikasi isi buku teks dengan menggunakan checklist tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian untuk aktivitas komunikatif adalah 70% atau dikategorikan baik, komponen komunikatif sebanyak 57,86% atau dikategorikan baik, dan untuk interaksi komunikatif sebanyak 12,5% atau dikategorikan buruk. Berdasarkan nilai rata-rata ketiga aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa kekomunikatifan buku teks ini sebanyak 46,94%. Hal ini menunjukkan bahwa buku ini bisa digunakan sebagai materi pembelajaran, namun para guru disarankan untuk memberikan materi ajar tambahan dari sumber yang lain agar dapat mencapai tujuan pembelajaran komunikatif.