The Improvement of Writing Achievement by Using Pictures for Ninth Grade Students of Primagama Karang Ploso Malang

Main Author: Sukmawati, Ni Luh Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101344/1/1.pdf
http://repository.ub.ac.id/101344/2/2.pdf
http://repository.ub.ac.id/101344/
Daftar Isi:
  • ambar dapat membantu para murid untuk memunculkan ide dan konsep suatu benda. Selain itu, visual mediaseperti gambar dapat menstimulasi ketertarikan siswa dalam membuat sebuah teks deskripsi. Skripsi ini telah menyelengarakan praktik mengajar menulis khususnya dalam menggunakan gambar sebagai media dalam mengajar menulis text deskripsi untuk murid kelas Sembilan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan dari penulis adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam menggunakan gambar untuk menulis teks deskripsi pada murid kelas Sembilan Sekolah Menengah Pertama Primagama Karang Ploso Malang. Skripsi ini menggunakan Classroom Action Research designsebagai metodologi penelitian. Data diperoleh dari hasil menulis teks deskripsi oleh para murid SMP kelas Sembilan Primagama Karang Ploso.Penulis menemukan peningkatan dari kemampuan menulis siswa kelas Sembilan Primagama Karang Ploso Malang dengan menggunakan beberapa gambar. Hal tersebut dibuktikan dari presentase kriteria ketuntasan mengajar (nilai minimum 75). Hasilnya, pada tes menulis pertama yaitu sejumlah 41% memenuhi kriteria dan tes menulis kedua sejumlah 100% memenuhi kriteria. Para siswa juga menunjukan respon yang positif dari ketertarikan, antusiasme, dan motivasi di dalam kelas. Hal ini disimpulkan dari hasil daftar observasi, catatan lapang, dan quesioner selama penelitian. Penulis memecahkan masalah yang dihadapi guru pada preliminary studydengan menggunakan gambar dari poster, kalender, atau slide showyang mengandung gambar. Media tersebut dapat digunakan dalam mengajar bahasa Inggris, khususnya dalam menulis teks deskripsi. Sehingga, Penulis menyimpulkan penggunaan beberapa gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi.Terdapat beberapa saran kepada guru bahasa Inggris, para siswa, dan peneliti selanjutnya berdasarkan hasil dari skripsi. Pertama, guru bahasa Inggris seharusnya menggunakan gambar sebagai media dalam mengajar menulis teks deskripsi. Gambar sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan menulis khiususnya menulis teks deskripsi. Kedua, para siswa diharapkan dapat belajar tentang menulis teks deskripsi dari majalah berbahasa Inggris, buku cerita berbahasa inggris, atau komik yang mengandung gambar. Ketiga, peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan gambar sebagai media pada kemampuan lain, seperti berbicara, membaca, mendengarkan, ataupun berintegrasi. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan deskriptif kualitatif dalam mencari tahu bagaimana penggunaan media gambar di dalam kelas