Language Style Used In Beauty Product Advertisements Of “Gadis” Magazine
Main Author: | Mardiana, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101336/ |
Daftar Isi:
- Orang – orang cenderung menggunakan gaya bahasa yang berbeda ketika mengungkapkan ide ke dalam bahasa. Cara orang berbicara tergantung pada hubungan pembicara dengan lawan bicara dalam menentukan gaya bahasa yang sesuai yang akan digunakan. Dalam melakukan penelitian, penulis menganalisa dua permasalahan yaitu; (1) Apa jenis gaya bahasa yang digunakan dalam slogan iklan produk kecantikan di majalah GADIS dilihat dari struktur kalimat? (2) Apa jenis gaya bahasa yang digunakan dalam iklan produk kecantikan di majalah GADIS? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis dokumen karena data dari penelitian ini berupa teks dalam bentuk slogan dan kalimat promosi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gaya bahasa yang dikarang oleh Keraf (2010) dan Wells (1995). Dari 15 slogan yang telah dianalisis, penulis menemukan semua jenis gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat, jenis gaya bahasa yang paling banyak digunakan yaitu paralelisme sebanyak 6 kali, dilanjutkan dengan gaya klimaks ditemukan sebanyak 5 kali, antiklimaks ditemukan 2 kali, berikutnya adalah gaya pengulangan dan gaya antitesis hanya terjadi sekali dalam setiap jenis. Berdasarkan jenis gaya bahasa dalam iklan, dari 28 kaliamat promosi, penulis menemukan 14 data yang dikategorikan ke dalam demonstration style, 8 data dikategorikan ke dalam hard sell style, data 3 dikategorikan ke dalam problem – solution style, 2 data dikategorikan ke dalam spokesperson style dan 1 data dikategorikan ke dalam comparison style. Penulis menyimpulkan bahwa dalam pararelisme dan demonstration style penulis iklan banyak menggunakan kata sifat untuk pemilihan kosakata di dalam kalimat. Penulis menyimpulkan bahwa kata sifat dianggap penting dalam iklan untuk menambah prestise dan keinginan untuk pembaca. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti diharapkan dapat mengembangkan dan mengeksplorasi lebih lanjut dengan menggunakan teori yang berbeda dan objek yang berbeda seperti iklan di radio untuk membantu pembaca untuk memahamai lebih lanjut tentang teori gaya bahasa.