A Semiotic Analysis On The Logos Of Three Cafes In Malang

Main Author: Firmansyah, Agung
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101316/
Daftar Isi:
  • Kafe sangat terkenal di kota Malang dan kafe biasanya memiliki logo untuk menunjukan karakteristiknya dan informasi tentang identitas atau berbagai aspek dari kafe tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti memilih tiga logo dari kafe-kafe di Malang. Kemudian, untuk mendapatkan makna dari logo tersebut, peneliti menganalisanya dengan menggunakan kajian semiotik. Penelitian ini mempunyai tiga permasalahan: (1) Apa tipologi tanda yang ditemukan di logo dari tiga kafe di Malang? (2) Apa arti dari konotasi logo dari tiga kafe di Malang tersebut?, dan (3) Apa hubungan antara tanda konotasi dari logo tiga kafe tersebut dengan sejarah, konsep, dan tujuan dari kafe tersebut? Penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis dokumen isi digunakan di penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menerapkan teori dari Pierce (1931 dalam Chandler 2007) yaitu typology of sign. Untuk memperoleh makna dari tanda-tanda yang ditemukan, teori konotasi yang dikenalkan oleh Chandler (2007) dan Fiske (2012) juga digunakan. Peneliti menggunakan sampling purposif dalam memilih objek penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti memilih Uno kafe, Mochi Maco kafe, dan Omah Coffee kafe. Penelitian ini menemukan ikon, indeks, dan simbol di logo dari ketiga kafe yang dipilih. Tanda ikon merupakan tanda yang paling banyak digunakan, diikuti dengan symbol, dan yang paling sedikit digunakan adalah indeks. Makna dari kombinasi tanda yang ditemukan di tiga logo tersebut dimaknai dengan teori konotasi. Berdasarkan analasis tersebut, ketiga kafe menunjukan karakteristiknya melalui logonya dan ketiga logo kafe tersebut menunjukan keterkaitan antara tanda konotasi dengan sejarah, konsep, dan tujuan dari ketiga kafe tersebut. Selain itu, ketiga logo tersebut menunjukan karakteristiknya dan keterkaitan antara tanda konotasi dan sejarah, konsep, dan tujuan dari kafe-kafe tersebut yang kebanyakan melalui tanda simbol yaitu nama dari kafe-kafe tersebut. Sebagai penutup, peneliti menyarankan peneliti selanjutnya untuk menganalisis objek lain seperti poster, cover novel, poster atau logo yang berbeda dari kafe di tempat yang berbeda selain di Malang.