A Qualitative Observation of Teaching and Learning Process on English Lesson at Wahid Hasyim Junior High School Malang
Daftar Isi:
- Pembelajaran adalah sebuah proses dimana guru mengajar murid untuk melakukan sesuatu. Sementara itu, pembelajaran adalah mendapatkan ilmu pengetahuan atau keterampilan melalui belajar, pengalaman, atau sesuatu yang sudah diajarkan. Di dalam proses pengajaran dan pembelajaran, guru dan murid melakukan beberapa aktivitas di dalam kelas. Ada tiga macam aktivitas di dalam kelas; aktivitas pembukaan, pertengahan dan penutupan. Disamping aktivitas, ada beberapa respon murid terhadap guru bahasa Inggris di proses pengajaran dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas-aktivitas di proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris dan respon murid terhadap guru dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris, khususnya di SMP Wahid Hasyim Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data dari penelitian ini adalah catatan untuk mengetahui aktivitas dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris, observasi untuk mengetahui proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris, kuesioner untuk mengetahui respon murid terhadap guru bahasa Inggris dalam proses pengajaran dan pembelajaran, dan wawancara untuk mengetahui pendapat guru tentang proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Dalam pengumpulan data, penulis mengumpulkan data sendiri. Dalam analisis data, data akan dianalisa dan instrumen yang lain akan mendukung data. Penelitian menunjukkan bahwa ada tiga aktivitas di dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris; aktivitas pembukaan, pertengahan dan penutupan. Kemudian, beberapa respon murid terhadap guru bahasa Inggris; murid merasa bahwa guru mendengarkan mereka, menjelaskan sesuatu dengan jelas, membantu, percaya, dan tidak cepat marah terhadap mereka, dan lain-lain. Kesimpulan setelah menganalisa data, penulis menemukan tiga aktivitas dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris; aktivitas pembukaan, pertengahan, dan penutupan. Kemudian, penulis menemukan beberapa respon murid terhadap pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Dalam hal ini, murid merasa bahwa guru berbicara dengan antusias tentang pelajaran, percaya mereka, menjelaskan sesuatu dengan jelas, tidak cepat marah, membuat mereka memperhatikan pelajaran, pemimpin yang baik, ramah dan suka bercanda. Penulis juga menyarankan bahwa penelitian lain tentang proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris harus dilakukan untuk meningkatkan hasil dan temuan dari studi sebelumnya dan itu lebih baik dilakukan dalam genre lainnya.