Pengaruh Kebutuhan Afiliasi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Sosial Line@ Organisasi Kampus Badan Eksekutif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Main Author: Hasanudin, Bakti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10127/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebutuhan afiliasi mahasiswa terhadap penggunaan media sosial LINE@ organisasi kampus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (BEM FEB UB). Pengaruh yang ingin diketahui adalah pengaruh secara langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik responden pernah/sedang menggunakan media sosial LINE@ organisasi kampus BEM FEB UB minimal satu semester dan pernah berinteraksi saat melihat media sosial LINE@ organisasi kampus BEM FEB UB. Analisa data dalam pengujian instrumen menggunakan software SPSS versi 23 dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kebutuhan afiliasi mahasiswa berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap penggunaan media sosial LINE@ organisasi kampus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (BEM FEB UB).