Analisis Konten Dan Komparatif Sustainability Report Perbankan Berdasarkan Gri G4 (Studi Kasus Pada Bank Bni Dan Maybank Tahun 2014)
Main Author: | Rahayu, Norra Isnasia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10126/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan membandingkan sejauh mana penerapan Sustainability Report Perusahaan yang tercermin dalam laporan masing-masing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode penelitian yang digunakan ialah metode content analysis dengan data sekunder yaitu Laporan Keberlanjutan PT. Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT Malayan Banking Bhd (Maybank) tahun 2104. Metode ini merupakan teknik penelitian yang digunakan untuk referensi yang replikabel dan valid dari data pada konteksnya. Peneliti mencari bentuk dan struktur serta pola yang beraturan dalam teks dan membuat kesimpulan atas dasar keteraturan yang ditemukan. Teknik scoring digunakan dalam penelitian untuk membantu memetakan kinerja pengungkapan berdasarkan acuan (konteks) yang telah ditetapkan yaitu GRI G4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kedua perusahaan telah menerapkan Sustainability Report dengan baik, ada beberapa penulisan opini publik dan sumber data terlepas dari kebenaran realisasi di perusahaan secara langsung. Walaupun sudah baik, dalam laporan ditemukan ketidaktepatan dan ambiguitas pada salah satu indikator yang diungkapkan. Demikian pula dengan hasil penelitian atas perbandingan penerapan Sustainability Report. pengungkapan standar umum kedua perusahaan ini sudah memenuhi 69% untuk BNI dan 89% untuk Maybank. Pengungkapan aspek material kedua perusahaan ini sudah memenuhi 31% untuk BNI dan 29% untuk Maybank. Pengungkapan spesifik jasa keuangan kedua perusahaan ini sudah memenuhi 53% untuk BNI dan untuk Maybank tidak mengungkapkan aspek ini. Perusahaan dirasa perlu untuk mengungkapkan keseluruhan indikator kinerja di laporan tahun berikutnya dan meningkatkan penerapan Sustainability Report demi perusahaan yang lebih baik di masa depan.