A Semiotic Analysis On The Help Movie Posters
Main Author: | Rahmasari, Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101259/1/1._Cover%2C_declaration_of_authorship%2C_approval.pdf http://repository.ub.ac.id/101259/2/3._Chapter_1-5%2C_references%2C_the_appendices.pdf http://repository.ub.ac.id/101259/3/2._Acknowledgment%2C_abstrack%2C_table_of_content%2C_list_of_figur.pdf http://repository.ub.ac.id/101259/ |
Daftar Isi:
- Pada umumnya poster film terdiri dari berbagai elemen seperti tanda-tanda verbal dan visual. Gambar disertai dengan teks yang muncul dalam poster menunjukkan pada penonton apa yang akan terjadi sepanjang cerita dalam film. Gambar dan teks tersebut merefleksikan ide pokok cerita film. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tanda-tanda yang muncul pada poster baik tanda verbal maupun visual dalam film yang bertema rasis berjudul, The Help, sebagai data penelitian. Poster-poster tesebut terdiri dari dua poster film orisinil yang dirilis oleh DreamWorks Studio dan tiga poster film yang didesain ulang oleh desainer grafis yang sudah sangat berpengalaman dalam mendesain poster film. Terdapat tiga permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini, yaitu: (1) tanda denotatif apa saja yang ditemukan dalam poster film The Help; (2) bagaimana makna konotasinya; serta (3) mitos apa yang terbangun dalam poster film The Help. Karena data penelitian berasal dari poster film, maka penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis dokumen untuk mendiskripsikan fenomena yang ada. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan teori dari Barthes (1972) untuk mencari makna dibalik tanda yang ada dalam poster film The Help dengan teori denotasi, konotasi dan bagaimana hal tersebut kemudian berkembang menjadi mitos yang diyakini oleh sebagian besar orang sebagai isu-isu rasisme. Tanda-tanda denotatif yang ditemukan dalam penelitian ini berasal dari apa yang terlihat dalam poster baik dalam bentuk gambar maupun tulisan seperti judul film, keterangan, foto wanita, bahasa tubuh, ekspresi wajah, foto bangku, merpati, gagak, sangkar, gambar kartun dan juga warna. Sedangkan makna konotasi terbentuk dari tanda-tanda denotatif yang ditemukan dalam poster film seperti cara warga Amerika menghadapi isu-isu rasis berdasarkan perbedaan warna kulit. Mitos yang terbangun dalam poster film yang menganggap bahwa orang kulit putih adalah ras terbaik diantara ras lainnya jelas tergambar dalam poster film The help. Penulis juga menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar mencari objek lain seperti video, film atau gambar bergerak lainnya sebagai objek penelitian. Penggunaan teori yang berbeda juga penulis sarankan agar dapat memperluas pembelajaran tentang semiotik.