Peran Electronic Word of Mouth di Media Sosial Instagram terhadap Intensi Berkunjung Wisatawan (Studi pada Objek Wisata Alam Coban Talun)

Main Author: Al Mubarok, Muhammad Nafi’
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10125/1/Nafi.pdf
http://repository.ub.ac.id/10125/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran electronic word of mouth (eWOM) di media sosial Instagram terhadap intensi wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata alam Coban Talun. Menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan melibatkan sampel sebanyak 96 responden yang dihimpun dari hasil penyebaran angket secara daring kepada masyarakat yang sebelumnya telah menerima informasi Coban Talun melalui media sosial Instagram. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala eWOM yang dibuat dengan mengacu pada dimensi yang dikemukakan oleh Hennig (2004) dan skala intensi dibuat berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Ajzen (2005). Menggunakan analisis regresi linier sederhana, penelitian ini menunjukkan besaran peran eWOM terhadap intensi berkunjung sebesar 51,3%. Hal ini membuktikan adanya peran eWOM terhadap intensi wisatawan untuk berkunjung.