Code Switching in Just Alvin on Metro TV
Daftar Isi:
- Dalam era globalisasi dimana interaksi terjadi di seluruh dunia, sangat umum bagi masyarakat menggunakan dua bahasa atau lebih sebagai sebuah komunikasi. Indonesia terkenal sebagai negara yang menggunakan banyak bahasa karena itu masyarakat Indonesia mempunyai kemampuan berbahasa lebih dari satu bahasa. Mengalihkan bahasa sudah biasa dilakukan oleh masyarakat yang hidup di lingkungan bilingual dan multilingual untuk mencegah kesalahpahaman diantara mereka karena perbedaan bahasa. Disini, kajian alih kode fokus kepada percakapan talk show di program TV. Salah satu program TV yang menggunakan lebih dari satu bahasa dan terkenal saat ini adalah “Just Alvin” talk show di Metro TV. Dalam kajian ini, penulis merumuskan dua masalah kajian, (1) Macam alih kode yang digunakan oleh presenter dan bintang tamu “Just Alvin”. (2) Pendapat penonton mengenai alih kode yang digunakan di acara “Just Alvin”. Kajian ini menggunakan teori alih kode dari Hoffman Kajian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena yang dipelajari dengan jelas dan sistematis. Kajian deskripsi secara tekstual digunakan karena kajian ini bertujuan untuk menganalisis percakapan di “Just Alvin” talk show. Data kajian ini dipilih berdasarkan 2 video dari “Just Alvin” di Metro TV, kemudian mengunduh data dari internet. Data yang telah terkumpul akan dimasukkan ke dalam tabel dan diberi penjelasan tentang macam alih kode dan pendapat penonton mengenai alih kode di program dua bahasa. Dalan kajian ini, peneliti menemukan semua macam dari alih kode berdasarkan teori dari Hoffman. Peneliti menemukan macam dari alih kode yang sering muncul adalah Intra-sentential code switching. Peneliti juga menemukan pendapat penonton mengenai alih kode yang digunakan di talk show “Just Alvin”. Berdasarkan pendapat penonton, peneliti menyimpulkan bahwa acara televisi dua bahasa memberikan efek yang bervariasi bagi penonton. Antara lain , penonton dapat belajar Bahasa Inggris dari ucapan bintang tamu di acara televisi, penonton tertarik pada acara televisi dua bahasa dan mereka menikmati acara televisi dua bahasa. Jadi, semakin banyak alih kode yang digunakan, akan semakin banyak pula pengaruhnya terhadap penonton. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin meneliti penelitian serupa untuk memahami lebih tentang Alih kode tapi juga menganalisa tentang alasan masyarakat menggunakan alih kode. Penulis menyarankan kepada peneliti untuk menggunakan teori macam alih kode terbaru.