Error Analysis on the Descriptive Writing of the Second Semester Students of Study Program of English Universitas Brawijaya

Main Author: Saifullah, Christianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101200/1/new_merger_complete.pdf
http://repository.ub.ac.id/101200/
Daftar Isi:
  • Perkembangan budaya di dunia akhir-akhir ini memberikan dampak terhadap perkembangan bahasanya. Pada hari ini, di Indonesia terdapat banyak bahasa-bahasa asing yang telah di ajarkan baik pada tingkat sekolah maupun tingkat universitas. Dan dalam penggunaan bahasa tersebut, terkadang siswa membuat kesalahan, terutama pada penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Peneliti melakukan penelitian terhadap paragraph naratif yang ditulis oleh mahasiswa semester dua jurusan Bahasa Inggris universitas Brawijaya dengan menggunakan teori Dulay, Burt dan Krashen (1982). Penelitian ini berfokus pada dua masalah: (1) Apa saja jenis kekeliruan yang ditemukan pada paragraf deskriptif oleh mahasiswa tingkat semester dua, (2) Jenis kesalahan apa saja yang dominan pada paragraf deskriptif oleh mahasiswa tingkat semester dua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam analisa dokumen untuk mendeskripsikan kesalahan yang dihasilkan siswa dalam paragraf naratif. Data yang digunakan adalah kalimat-kalimat yang mengandung kekeliruan, diambil dari paragraph deskriptif berjudul “My hobby” yang ditulis oleh para siswa. Peneliti menemukan 509 kesalahan yang dikategorikan menjadi empat jenis kekeliruan. Kesalahan bentuk muncul dengan presentase 47%, kesalahan pengurangan muncul dengan presentase 36%, kesalahan penambahan muncul dengan presentase 16% dan kesalahan susunan muncul dengan presentase 1%. Berdasarkan pada hasil diatas, penulis ingin menyarankan kepada para peneliti selanjutnya khususnya mahasiswa jurusan Bahasa Inggris untuk mencoba menggunakan teori dan objek penelitian yang beda, ini diharapkan untuk melihat apakah menunjukkan hasil yang berbeda.