Error Analysis on Narrative Paragraphs of the Sixth Grade Student of Ma’arif Innovative Elementary Schoo
Main Author: | Ahda, Rizka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101150/1/ERROR_ANALYSIS_ON_NARRATIVE_PARAGRAPHS_OF_THE_SIXTH_GRADE_STUDENTS_OF_MAARIF_INNOVATIVE_ELEMENTARY_SCHOOL.pdf http://repository.ub.ac.id/101150/ |
Daftar Isi:
- Bahasa Inggris kini menjadi bahasa utama dari jurnal pendidikan dan buku teks siswa dalam lingkup ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi. Mengingat pentingnya memahami bahasa Inggris, masyarakat Indonesia diharapkan untuk mempelajari bahasa Inggris secara mendalam. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, juga telah mengeluarkan kebijakan bahwa bahasa Inggris diajarkan untuk siswa tingkat sekolah dasar hingga universitas. Namun, dalam mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing tidaklah mudah untuk karena selama proses pembelajaran peserta didik masih terpengaruh bahasa ibu mereka. Dalam studi ini Analisis kekeliruan dipilih sebagai objek penelitian. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kekeliruan yang ditemukan dalam paragraf narasi siswa kelas enam SD Maarif Inovatif. Studi ini merupakan studi kualitatif dalam bentuk analisa tekstual. Data pada studi ini berupa15 lembar berisi paragraf narasi siswa kelas enam. Data ini dikumpulkan dari siswa kelas enam unggulan SD Maarif Inovatif. SLA digunakan dalam menganalisa kekeliruan berdasarkan teori Surface Strategy Taxonomy yang ditemukan pada tahun 1982 oleh Dulay et al. pada paragraf narasi siswa kelas enam di SD Maarif Inovatif . Hasil dari penelitian ini adalah bahwa siswa sering membuat kekeliruan selama proses mereka mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Terdapat kesalahbentukan sejumlah 83 kekeliruan (60%), penghilangan sejumlah 40 kekeliruan (29%), penambahan sejumlah 12 kekeliruan (9%), dan salah urutan sejumlah 3 kekeliruan (2%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa seluruh jenis kekeliruan, menurut teori Surface Strategy Taxonomy muncul di seluruh kertas tes siswa yang diteliti. Peneliti menyadari bahwa dalam proses mempelajari bahasa Inggis, para siswa masih terpengaruh pola bahasa ibu mereka karena proses interlanguage. Saran diberikan untuk peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian serupa dengan objek yang berbeda seperti artikel di internet sebagai sumber data.