Semiotic Analysis of U Mild’s Printed Advertisements
Main Author: | Lisnawati, Uyun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Lainnya |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101123/1/SKRIPSI.UYUN_LISNAWATI.PDF http://repository.ub.ac.id/101123/ |
Daftar Isi:
- Iklan cetak mempunyai fungsi sebagai media untuk mempromosikan suatu produk. Secara implisit, iklan mengajak masyarakat untuk membeli suatu produk tertentu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan iklan cetak U Mild sebagai objek penelitian. Semua iklan cetak akan dianalisa menggunakan pendekatan semiotik. Terdapat tujuh iklan cetak yang akan dianalisa dalam studi ini. Semua iklan cetak berasal dari tema promosi yang berbeda. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Tanda semiotik apa saja yang terdapat pada iklan cetak U Mild menurut teori tipologi tanda (typology of sign) dari Peirce? dan (2) Apa makna tanda yang terdapat dalam iklan cetak U Mild? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisa dokumen karena hasil dari penelitian ini berfokus pada identifikasi tanda. Penulis mengumpulkan data dengan melihat tanda-tanda verbal dan visual yang terdapat dalam tujuh iklan cetak U Mild. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan teori tipologi tanda (typology of sign) yang diusulkan Peirce. Makna dari kombinasi tanda-tanda pada ketujuh poster tersebut juga dianalisa menggunakan teori konotasi. Penulis menemukan 140 tanda yang terdiri dari 70 ikon, 37 indeks dan 33 simbol. Tiap tanda mempunyai peran penting dalam membangun makna atau pesan yang ingin disampaikan oleh iklan. Tanda-tanda tersebut mempunyai fungsi untuk memperjelas, mendukung dan memperkuat suatu pesan yang ingin disampaikan. Penulis menyarankan pada peneliti selanjutnya untuk menganalisis objek yang lain seperti televisi, baliho dan koran sehingga dapat memberi hasil yang bervariasi. Teori semiotik yang lain juga disarankan untuk diaplikasikan sehingga dapat memperluas analisa semiotik.