Analisis Peranan Belanja Pendidikan Terhadap Peningkatan Aksesbilitas Masyarakat Pada Pendidikan Formal Di Kalimantan Timur Pendekatan Benefit Incidence Analisis

Main Author: Dewantara, Alif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10111/
Daftar Isi:
  • Tingginya aksesbilitas dalam berpendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dipengaruhi oleh peran pemerintah dalam memberikan anggaran yang efektif. Karena dalam berpendidikan ada biaya langsung yang ditanggung masyarakat jika pemerintah menangung biaya langsung yang dibebani masyarakat maka akan berdampak pada tingginya tingkat aksesbilitas dalam berpendidikan. Untuk melihat bagaiamana pemerintah dapat berperan efektif dalam peningkatan aksesbilitas masyarakat dalam berpendidikan maka penelitain ini akan mengkaji seberapa efektif peran pemerintah dalam memberikan angagran dalam upaya peningkatan aksesbilitas masyarakat pada pendidikan formal di provinsi Kalimantan Timur. dengan menggunakan data survey sosial ekonomi dan nasional dimana sampel diambil berupa data pengeluran perkapita rumah tangga dan dipilih anggota rumah tangga yang masih bersekolah dan tidak bersekolah sebanyak 2176 sampel rumah tangga. Hasil menunjukkan bahwa belanja pendidikan yang dilakukan pemerintah efektif dalam peningkatan aksesbilitas masyarakat dalam berpendidikan pada jenjang pendidikan formal hal itu terlihat dari distribusi dalam mengakses pendidikan merata pada setiap kelompok pendapatan. hasil juga menjelaskan sebaran wilayah desa dan kota dan gender dimana menunjukkan untuk sebaran wilayah desa dan kota partisipasi pendidikan lebih dinikmati masyarakat kota sementara untuk partisipasi gender akses pendidikan sudah menunjukkan kesetaraan dalam berpendidikan antara laki-laki dan perempuan.