Peran Self-Regulated Learning Terhadap Decisional Procrastination Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fisip Universitas Brawijaya Malang

Main Author: Ramadani, Pebrianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10110/1/Pebrianti.pdf
http://repository.ub.ac.id/10110/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self-regulated learning terhadap decisional procrastination dalam menyusun skripsi pada mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini melibatkan 120 mahasiswa FISIP dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala self-regulated learning yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Zimmerman (1989) dan skala decisional procrastination yang mengadaptasi dari milik Mann, dkk (1997). Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat nilai yang signifikan yaitu 0,000 (p < 0,05), artinya terdapat peran self-regulated learning terhadap decisional procrastination dalam menyusun skripsi pada mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya Malang. Dimana sebesar 32,6% variabel self-regulated learning mempengaruhi variabel decisional procrastination, sisanya sebesar 67,4% dipengaruhi oleh faktor lain.