Daftar Isi:
  • Kesalahan mencerminkan kemampuan pelajar. Proses belajar bahasa adalah saat dimana pelajar membuat kekeliruan atau kesalahan. Dalam membuat karya tulis, pelajar harus menghindari membuat kesalahan untuk dapat menghasilkan karya tulis yang bagus. Sehubungan dengan kesalahan yang dibuat oleh pelajar bahasa, penelitian ini dibuat untuk menjawab: (1) jenis kesalahan apa yang dibuat oleh mahasiswa semester lima Program Studi Bahasa Inggris dalam membuat catatan perjalanan menurut sistem klasifikasi strategi dasar? dan (2) jenis kesalahan apa yang paling dominan yang dibuat oleh mahasiswa semester lima Program Studi Bahasa Inggris saat membuat catatan perjalanan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena berhubungan dengan penggunaan deskripsi yang jelas dan sistematis tentang fenomena yang diteliti. Pendekatan ini untuk mendeskripsikan data yang didapat dari karya sastra mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris dalam bentuk teks tertulis. Analisis ini menemukan bahwa kesalahan tatabahasa yang digunakan pada tulisan perjalanan yang dibuat oleh mahasiswa semester lima Program Studi Bahasa Inggris berdasarkan teori sistem klasifikasi strategi dasar yang terdiri dari 4 kategori, yaitu penghilangan, penambahan, kesalahan pembentukan dan kesalahan penataan. Kesalahan yang paling banyak adalah pada pembentukan kata menggunakan bentuk waktu yang sesuai. Yang kedua adalah kesalahan pada penghilangan infleksi kata benda/kata kerja. Kesalahan selanjutnya adalah banyaknya klausa yang mengandung penambahan kata yang tidak diperlukan. Berdasarkan peneliti, pelajar membuat kesalahan seperti ini dikarenakan terbatasnya kosa kata mereka, jadi mereka menggunakan kata setahu mereka saja tanpa memperhatikan ketidak tepatan kata atau makna. Peneliti menyarankan mahasiswa yang tertarik dalam melakukan penelitian di bidang yang sama melengkapi perbedaan dan kekurangan yang tidak bisa dipenuhi dalam penelitian ini. Peneliti juga menyarankan peneliti selanjutnya melengkapi analisis di masa mendatang, terutama pada analisis kesalahan dengan menggunakan teori selain milik Dulay.