Rhetoric in Expository Essay of the Fourth Semester English Students in the Faculty of Cultural Studies

Main Author: Nisa`, Fakhrun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101052/1/PDF_-_CD.pdf
http://repository.ub.ac.id/101052/
Daftar Isi:
  • Ada berbagai cara untuk menyampaikan ide-ide di dalam kepala secara efektif. Disini, retorika adalah cara terbaik untuk belajar bagaimana menyampaikan pemikiran atau ide menggunakan struktur yang bagus serta mengorganisasikannya dalam cara yang efektif. Meskipun retorika lebih berkaitan erat dengan berbicara atau persuasif, retorika dapat diterapkan dalam hal proses penulisan terutama untuk esai akademik. Disini, peneliti ingin mengetahui (1) bagaimana mahasiswa mengorganisasikan ide di dalam paragraph pembuka (2) topik utama, kalimat pendukung di dalam esai eksposisi . Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan ceklis organisasi esai yang dikemukakan oleh Oshima dan Hogue. Data di dalam penelitian ini adalah 30 esai eksposisi yang ditulis pada tanggal 24 Mei 2014 oleh mahasiswa semester empat Sastra Inggris di Fakultas Ilmu Budaya. Jenis penelitian ini adalah analisis tekstual. Dalam menganalisa data, peneliti tidak memasukan seluruh esai dari mahasiswa, karena 3 esai yang tidak memiliki kriteria seperti yang ditentukan sebelumnya oleh peneliti. Kemudian, peneliti menganalisanya menggunakan ceklis organisasi esai yang dikemukakan oleh Oshima dan Hogue. Dari temuan, peneliti menemukan 2 data yang tidak memiliki thesis statement dan 24 data memiliki thesis statement yang secara jelas fokus dalam keseluruhan esai di paragraf pembuka. Di dalam tubuh paragraf ditemukan 25 data yang memiliki topik yang jelas dengan ide pengontrol, 22 data memiliki detail penguat yang cukup, dan 26 data memiliki paragraf yang mendukung hanya satu ide pokok. Berdasarkan temuan, peneliti menyimpulkan bahwa kebanyakan esai yang ditulis oleh mahasiswa semester empat Sastra Inggris di Fakultas Ilmu Budaya memiliki organisasi esai yang bagus. Kemudian, disarankan para mahasiswa seharusnya berfikir secara retorika untuk menyampaikan ide-ide dalam menulis esai. Disamping itu, peneliti juga menyarankan kepada peneliti berikutnya untuk meganalisis retorika dan pengaruhnya dengan menggunakan subjek-subjek lainnya.