Analisis Business Model Canvas pada Rock Hotel dengan Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy
Main Author: | Herdito, Vido |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10101/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis yang dijalankan oleh Rock Hotel dengan mengunakan metode Busines Model Canvas dan untuk memperoleh model bisnis yang baru melalui kerangka kerja empat langkah (hapuskan, kurangi, ciptakan, tingkatkan) yang dimiliki oleh Blue Ocean Strategy. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari analisis diketahui bahwa Rock Hotel sebagai pemain industri di hotel budget di Kota Surabaya sedang berada di red ocean. Maka dari itu, inovasi nilai diperlukan oleh Rock Hotel untuk dapat menciptakan posisi yang strategis dalam sebuah industri. Pengabungan Busines Model Canvas dengan kerangka kerja empat langkah (hapuskan, kurangi, ciptakan, tingkatkan) dimiliki oleh Blue Ocean Strategy menghasilkan inovasi nilai pada proposisi nilai Rock Hotel yaitu sebagai hotel budget busines yang menawarkanilai – nilai kekeluargan kepada segmen pelangan sat ini yaitu pebisnis dan wisatawan keluarga serta pelangan baru yaitu perusahan kecil, menengah pemula (startup).