The Application Of Language Learning Strategies And Their Relationship With English Achievement Of The Students At Smkn 1 Singosari Malang

Main Author: Wijiana, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/100995/1/skripsi_full_doc.pdf
http://repository.ub.ac.id/100995/
Daftar Isi:
  • Dalam mempelajari Bahasa Inggris, pelajar sering menghadapi banyak kesulitan seperti pengucapan, kosa kata, dll. Jadi, mereka perlu strategi belajar untuk menyelesaikannya dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Dalam sistem pendidikan Indonesia, Bahasa Inggris merupakan salah satu syarat kelulusan di sekolah menengah. Kemudian, peneliti menggunakan teori Oxford (1990) untuk menganalisi strategi pembelajaran bahasa. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaplikasian strategi pembelajaran bahasa dan hubungan antara strategi pembelajaran bahasa dengan nilai Bahasa Inggris yang dicapai oleh siswa kelas 11 SMKN 1 Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena datanya merupakan hasil dari kuesioner SILL yang diisi oleh tigapuluh siswa kelas 11 jurusan Alat Berat SMKN 1 Singosari Malang dan nilai Bahasa Inggris mereka dari semester sebelumnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran bahasa secara keseluruhan jatuh pada tingkat menengah dengan nilai rata-rata 2.60. Strategi kompensasi merupakan strategi pembelajaran bahasa yang paling sering digunakan oleh para siswa dengan nilai rata-rata 2.97. Strategi berikutnya adalah strategi afektif, metakognitif, kognitif, sosial dan memori. Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara enam kategori strategi pembelajaran bahasa dan prestasi bahasa Inggris mereka. Hal ini mungkin disebabkan oleh tujuan belajar mereka yang lebih fokus untuk mendapatkan nilai Bahasa Inggris yang bagus daripada untuk meningkatkan keterampilan mereka. Para guru disarankan untuk memperkenalkan pengaplikasian strategi pembelajaran bahasa yang tepat kepada siswa. Selanjutnya, para siswa sebaiknya menyadari untuk menggunakan strategi pembelajaran bahasa karena dapat meningkatkan prestasi mereka. Untuk peneliti selanjutnya, mereka disarankan untuk menggunakan nilai Bahasa Inggris lainnya, faktor lain yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran bahasa sebagai variabel dan menggunakan lebih banyak sampel untuk penelitian mendatang.