Daftar Isi:
  • Manusia berinteraksi di setiap komunikasinya, dan ini membuat keteraturan dalam bahasa sangat penting. Dengan bahasa, kita dapat berkomunikasi dan mengekspresikan ide atau keinginan kita kepada orang lain. Salah satu strategi dalam berbahasa adalah strategi kesopanan. Kajian ini enggunakan kajian strategi kesopanan. (1) Apa strategi kesopanan yang digunakan oleh pembawa acara Kick Andy Show Eipsode “Berprestasi di Usia Muda”? dan (2) Apa alasan yang paling memungkinkan penggunaan strategi kesopanan yang digunakan pembawa acara Kick Andy Show Episode “Berprestasi di Usia Muda”? Kajian ini menggunakan metode kualitatif. Datanya berasal dari transkrip kata-katanya pembawa acara Kick Andy Show Episode “Berprestasi di Usia Muda”. Dalam kajian ini penulis menggunakan dokumen kualitatif karena datadata yang digunakan adalah kata-kata pembawa acara Kick Andy Show Episode “Berprestasi di Usia Muda” yang mengandung strategi kesopanan. Ternyata ditemukan bahwa Andy sebagai pembawa acara kepada tamu melakukan kesopanan positif ketika mereka melakukan percakapan. Mereka menggunakannya untuk meminimalkan jarak antara tuan rumah dan tamu. Dari hasil analisis dan pembahasan dari bab sebelumnya, penulis menemukan ada 97 strategi kesantunan yang diterapkan oleh Andy di Kick Andy Show. Penjabarannya adalah 20 untuk kesopanan negatif dengan persentase (21%) dan 77 dengan strategi positif politenesss persentase (79%). Hasil berikut telah menerapkan strategi kesantunan lebih banyak positif dari strategi lain. Alasan potensi menggunakan strategi kesantunan positif adalah untuk menunjukkan kedekatan, solidaritas dan kesepakatan dengan tamunya. Dan di sisi lain untuk meminimalkan FTA dengan tamunya. Peneliti lain dapat menganalisis kesantunan strategi dalam media lain, seperti pidato atau debat yang dilakukan oleh tokoh-tokoh lainnya. Peneliti selanjutnya juga dapat menambahkan teori lain dalam strategi kesantunan untuk memperkaya pengetahuan untuk yang membaca laporan penelitian ini dan untuk mengetahui alasan atau faktor yang mempengaruhi pembicara dalam memilih strategi yang digunakan.