The Relationship Between The Students’ Interest In Learning English And Their Academic Achievement In SMP Brawijaya Smart School

Main Author: Lungit, DhamastutiDian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/100891/1/SKRIPSI-FULL_DHAMAS.pdf
http://repository.ub.ac.id/100891/
Daftar Isi:
  • Minat siswa merupakan hal penting dalam sistem pendidikan, karena minat membantu siswa untuk meraih tujuan mereka. Siswa yang memiliki minat yang baik dalam bahasa Inggris akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan tujuan mereka. Penelitian ini membahas dua masalah: (1) Bagaimana minat siswa SMP Brawijaya Smart School dalam belajar bahasa Inggris? (2) Bagaimana hubungan antara minat siswa dalam belajar bahasa Inggris dengan prestasi akademik mereka. Penelitian ini menggunakan kuesioner SIQ sebagai instrumen untuk mengetahui minat siswa yang di dalamnya terdapat 18 pertanyaan. Untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan program SPSS (ANOVA dan perhitungan korelasi dengan metode Pearson). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif karena penulis mencoba untuk menghitung kuesioner. Data dari penelitian ini adalah kuesioner yang SIQ fs diisi oleh delapan siswa kelas di SMP Brawijaya Smart School. Dengan analisis dari 88 kuesioner yang diisi oleh delapanpuluh delapan siswa kelas SMP BSS , penulis mengungkapkan temuan berikut: (1) ada banyak siswa yang memiliki minat yang cukup baik dalam belajar bahasa Inggris, (2) ada hubungan antara minat siswa dalam belajar bahasa Inggris dengan prestasi akademik mereka, (3) lingkungan memberikan pengaruh besar minat siswa dalam belajar. Terakhir, penulis menyarankan para peneliti berikutnya untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Para peneliti masa depan juga dapat menggunakan benda-benda lain untuk studi mereka.