Daftar Isi:
  • Bahasa merupakan media yang krusial dalam komunikasi manusia. Selain bahasa ibu yang dipelajari sejak mulai mampu berbicara, manusia juga mempelajari bahasa asing. Dalam mempelajari bahasa asing, para pembelajar bahasa sering kali melakukan kekeliruan. Peneliti melakukan penelitian terhadap paragraph naratif yang ditulis oleh siswa-siswa SMA Al Hikmah Surabaya dengan menggunakan teori Dulay, Burt dan Krashen. Penelitian ini berfokus pada dua masalah: (1) Apa saja kekeliruan yang ditemukan pada paragraph naratif yang ditulis oleh siswa kelas tiga. (2) Jenis kekeliruan apa yang paling sering dilakukan oleh para siswa kelas tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam analisa dokumen untuk mendeskripsikan kekeliruan-kekeliruan yang dihasilkan para siswa dalam menulis paragraf naratif. Data yang digunakan adalah kalimat-kalimat yang mengandung kekeliruan, diambil dari paragraph naratif berjudul “My Last Vacation” yang ditulis oleh para siswa. Peneliti menemukan 477 kekeliruan yang dikategorikan menjadi empat jenis kekeliruan. Kesalahan penambahan muncul dengan presentase 10%, kesalahan pengurangan muncul dengan presentas 19%, kesalahan bentuk muncul dengan presentase 68% dan kesalahan susunan muncul dengan presentase 3%. Peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dan pemahaman yang lebih dalam tentang analisis kekeliruan. Peneliti juga menyarankan kepada para peneliti selanjutnya khususnya mahasiswa jurusan Bahasa Inggris untuk melakukan penelitian dengan objek dan teori analisis kekeliruan yang berbeda karena penelitian ini masih belum mencakup semua aspek analisis kekeliruan.