Pergeseran Makna Gairaigo Dalam Bahasa Iklan Di Majalah Lifenesia Edisi No. 9/2013
Main Author: | Kumala, RenataRista |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100867/1/Renata_Rista_Kumala_-_Skripsi_S1_Jepang.pdf http://repository.ub.ac.id/100867/ |
Daftar Isi:
- Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi antar individu maupun kelompok. Bahasa terus berkembang dari zaman ke zaman, sehingga dimanapun dan kapanpun selalu ditemukan kosakata baru di dalam suatu bahasa. Bahasa di suatu negara, memiliki kosakata yang berasal dari negara lain yang kemudian kosakata tersebut diserap dan digunakan menjadi kosakata bahasa sehari-hari. Dalam penelitian ini penulis menjawab dua rumusan masalah yaitu (1) Apa saja jenis pergeseran makna gairaigo yang muncul dalam bahasa iklan di majalah Lifenesia? (2) Sebab-sebab apa saja yang mempengaruhi pergeseran makna gairaigo tersebut? Pada penelitian ini dipilih metode kualitatif deskriptif untuk memberikan rincian yang lebih kompleks, serta menjabarkan hasil analisis. Sumber datanya adalah majalah Lifenesia no.9 tahun 2013. Analisis yang dilakukan meliputi : Mengklasifikasikan gairaigo yang ditemukan, menghitung berapa gairaigo yang mengalami pergeseran makna, menganalisis makna dan sebab-sebab pergeserannya, lalu membuat kesimpulan. Dari sumber data, ditemukan sebanyak 47 kata yang termasuk dalam gairaigo yang mengalami pergeseran makna, dengan rincian : 3 kata mengalami pergeseran meluas, 37 kata mengalami pergeseran menyempit, dan 7 kata mengalami pergeseran total. Sebab pergeseran makna, adalah (1) Sebab linguistik, yaitu seringnya 2 kata muncul bersama dalam suatu konteks. (2) Sebab historis, yaitu perkembangan jaman, kemunculan ide-ide baru. (3) Sebab sosial, yaitu masyarakat pengguna bahasa sering memaknai kata berdasarkan pengalamannya. (4) Sebab psikologis, yaitu orang perlu memaknai kata berdasarkan level rendahtinggi, atau hormat-kurang hormat. (5) Pengaruh asing, yaitu masuknya budaya asing terutama barat. (6) Kebutuhan akan makna baru, dikarenakan penemuan baru terutama teknologi. Penelitian gairaigo lain yang dapat dilakukan adalah, membandingkan gairaigo dengan kata serapan bahasa lain, menganalisa pergeseran makna gairaigo dalam bentuk grafik/tabel, menganalisa perubahan makna gairaigo.