A Study of Illocutionary Acts Found in Television Advertisement of Mie Sedaap
Main Author: | Istiqomah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100866/1/A_STUDY_OF_ILLOCUTIONARY_ACTS_FOUND_IN_TELEVISION_ADVERTISEMENT_OF_MIE_SEDAAP.pdf http://repository.ub.ac.id/100866/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini meneliti tentang tindak ilokusi yang ditampilkan oleh para aktor dan aktris pada ucapan mereka di iklan televisi dari Mie Sedaap. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisa dua permasalahan yaitu: (1) Jenis-jenis tindak ilokusi apa yang ditemukan di iklan televisi dari Mie Sedaap? (2) Jenis tindak ilokusi apa yang paling sering digunakan di iklan televisi dari Mie Sedaap tersebut? Teori utama yang digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah teori dari tindak tutur terutama dalam klasifikasinya tentang tindak ilokusi oleh Searle (1979). Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dan merupakan tekstual analisis karena data dari penelitian ini berbentuk kata-kata bukan angka, dan menggunakan transkrip dari perkataan para aktor dan aktris untuk dianalisa. Data dalam penelitian ini adalah perkataan para aktor dan aktris di iklan televisi dari Mie Sedaap. Untuk menganalisa data, konteks tiap iklan dari Mie Sedaap dijelaskan terlebih dahulu. Kemudian, data ditampilkan dan dianalisis menggunakan teori dari tindak tutur. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, penulis menemukan lima jenis tindak ilokusi berdasarkan teori dari Searle; Assertives, Directives, Commisives, Expressives, and Declaration. Kemunculan dari jenis-jenis tindak ilokusi tersebut adalah: 10 perkataan termasuk dalam tindak ilokusi jenis assertive, 6 perkataan termasuk dalam directive, 3 perkataan termasuk dalam jenis commisive, 19 dan 3 perkataan termasuk dalam expressive dan declaration secara berturut dan 7 perkataan termasuk dalam dua jenis tindak ilokusi. Jenis tindak ilokusi yang sering digunakan oleh para aktor dan aktris adalah jenis expressive. Jenis ini kebanyakan dalam bentuk kata sifat. Pembicara menggunakan jenis ini untuk mengekspresikan perasaan mereka terhadap Mie Sedaap itu sendiri. Terakhir, penulis menyarankan pembaca yang paham tentang ilmu bahasa untuk menyadari penggunaan perkataan di iklan TV tidaklah digunakan hanya untuk mengekspresikan perasaan, tapi itu juga digunakan untuk menyimpulkan, menyatakan, berjanji, atau menyuruh tergantung pada topik dari iklan tersebut. Penulis juga berharap, peneliti selanjutnya mampu untuk menganalisa dan menambahkan topik lain untuk mendukung tindak ilokusi seperti tindak ilokusi dan IFIDsnya (illocutionary Force Indicating Device).