Error Analysis on Word Stress of 3rdSemester Students of English Study Program of Faculty of Cultural Studies
Daftar Isi:
- Para mahasiswa di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya diharapkan dapat berbicara dalam bahasa Inggris dengan pengucapan yang benar. Ini berarti bahwa jika kita membuat banyak kesalahan dalam berbicara, pendengar yang kita ajak berbicara dapat salah memahami apa yang kita katakan. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan pengamatan lebih lanjut dengan menganalisis penekanan kata pada kata bahasa Inggris yang diucapkan oleh mahasiswa semester ketiga yang telah mengambil kelas Dasar Lisan dan Keterampilan Auditory ( BOAS ) Program Studi Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya dengan menggunakan teori dari Baker (2012);Roach, (2000); Manipuspika et al, (2012); dan Oxford dictionary, (1995). Dari latar belakang, peneliti menemukan sebuah masalah, yaitu untuk mengetahui bagaimana mahasiswa semester tiga Program Bahasa Inggris Di Fakultas Ilmu Budaya membaca dua dan tiga suku kata. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif sesuai untuk rancangan penelitian direset ini karena peneliti mencoba menganalisis kesalahan pada penekanan kata dalam dua suku kata dan tiga suku kata di kalangan mahasiswa semester tiga Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya. Penelitian ini mengungkapkan kesalahan dari penekanan kata yang dibuat oleh mahasiswa. Hasilnya menunjukkan kesalahan yang mendominanasidalam dua suku kata adalah kata membuat. Sementara dalam tiga suku kata, kesalahan yang mendominasi adalah kata ‘mengerti’. Dapat dikatakan bahwa kata mengerti adalah kesalahan yang paling sering dihasilkan oleh mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa tiga suku kata kata masih sulit bagi mahasiswa semester ke-3 Pro gram Studi Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Budaya. Peneliti menyarankan kepada mahasiswa Program Bahasa InggrisIlmu Budaya Universitas Brawijaya untuk mempelajari lebih lanjut tentang BOAS (Basic Lisan dan Keterampilan Auditory) program karena mempelajaripemahaman dari mendengarkan, membaca dan pengucapan itu sangat penting untuk para mahasiswa dari Program Bahasa Inggris. Oleh karena itu, mereka diharapkan memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi penekanan kata di bahasa Inggris dan memiliki pengetahuan tentang aturan dari penekanan suku kata.