Code Mixing On The Dialogue Of “9mm” Mobile Game By Gameloft

Main Author: Pratama, YonathanWahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/100855/1/SKRIPSI_FULL.pdf
http://repository.ub.ac.id/100855/
Daftar Isi:
  • Orangyang menguasai dua bahasa mengalihkan bahasa mereka dari satu bahasa ke bahasa lain terlepas dari topik dan tempat. Mereka melakukan campur kode tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi saat ini juga sudah berkembang dalam beberapa permainan video. Penelitian ini dilakukan bertujuan untukmenyelidikicampur kodeyang digunakan olehbeberapa karakter dalam"9mm". "9mm" adalah judul sebuah permainan video yang dirilis untuk telepon genggam.Penelitian iniadalah untuk mengidentifikasijenis-jeniscampur kodeyang digunakan olehkarakter-karakter dalam "9mm". Penelitian ini menggunakanteorioleh Hoffmankarenateori inimemiliki penjelasan yangmemadaidan rincian tentangjenis-jeniscampur kode. Dengan demikian,ada 4 jeniscampur kode: 1) intra-sentensial switching / code mixing, 2) intra-lexical code mixing, 3) making emblematic, 4) involving a change of pronunciation. Ada beberapa langkah yang dilakukan dalam mengolah dan menganalisis data, yakni dengan mengumpulkan semua data berdasarkan karakter-karakter di dalam permainan tersebut, kemudian data tersebut diklasifikasikan menurut tipe dan sebabnya masing-masing, setelah itu mengidentifikasi data atau melakukan pengkategorian data dan memberikan penjelasan singkat dari setiap data sampel. Analisis difokuskan pada tipe dan sebab peristiwa campur kode yang terjadi di dalam “9mm”. Berdasarkan hasil dari analisis data, disimpulkan bahwa pengembang permainan “9mm”, Gameloft menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama yang digunakan para tokohnya. Pengumpulan data dilakukandengan mengunduhpermainan "9mm" dariGoogle Play Store,menyalinucapan-ucapanyang muncul sepanjang permainan,mengidentifikasi danmenandaiucapan-ucapanyang mengalami campur kode dariBahasa Inggris ke Bahasa Spanyol. Dari hasil penelitian, penulis menemukan 4 tipe pencampuran bahasa yang ada dalam permainan ini, yaitu intra-sentential switching / code mixing, intra-lexical code mixing, making emblematic dan involving a change of pronunciation. Jenis peristiwa alih kode dan campur kode yang paling dominan adalah tipe intra sentential code switching/ mixing karena dalam permainan “9mm” ini terdapat banyak ujaran yang disisipi dengan kata-kata dalam Bahasa Spanyol. Selain itu terdapat beberapa penyebab terjadinya peristiwa campur kode, dan yang paling dominan adalah expressing group identity. Hal ini disebabkan karena kebanyakan para tokoh dalam permainan ini digambarkan hidup dalam komunitas kartel obat bius Amerika latin sehingga mereka terbiasa mencampur Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol dalam percakapan mereka sehari-hari. Penulis menyarankankepada mahasiswaSosiolinguistikagar menganalisisalasancampur kode. Penulis juga menyarankanbahwa hasilpenelitian inidapat digunakan sebagaiacuan bagipara penelitiselanjutnyadalam mengeksplorasidan memperluaspenyelidikanbeberapa fenomenalain daricampur kodepada permainan video.