Semiotic Analysis Of Mcdonald’s Printed Advertisement

Main Author: Uraida, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/100801/1/SKRIPSI_SITI_URAIDA.pdf
http://repository.ub.ac.id/100801/
ctrlnum 100801
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/100801/</relation><title>Semiotic Analysis Of Mcdonald&#x2019;s Printed Advertisement</title><creator>Uraida, Siti</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Iklan cetak mempunyai fungsi sebagai media untuk mempromosikan suatu produk. Secara implisit, iklan mengajak masyarakat untuk membeli suatup roduk tertentu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan iklan cetak restoran cepat saji McDonald&#x201F;s sebagai objek penelitian. Semua iklan cetak akan dianalisa menggunakan pendekatans emiotika. Terdapat tujuh iklan cetak yang akan dianalisa dalam studi ini. Semua iklan cetak berasal dari tema promosi yang berbeda. Tema-tema tersebut adalah Pembukaan took baru, Ulang Tahun, McBreakfast, McCafee, IdulFitri, Hallowen and Milshake. Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) apa tanda-tanda semiotika yang dapat ditemukan dalam iklan cetak McDonald&#x201F;s?; (2) apa makna konotasi yang terkandung dalam iklan cetak McDonald&#x201F;s? (3) apa interpretasi mitos yang terkandung dalam logo McDonald&#x201F;s?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa dokumen karena hasil dari penelitian ini berfokus pada identifikasi tanda, interpretasi makna konotasi dan mitos didalam iklan cetak McDonald&#x201F;s. Penulis mengumpulkan data dengan melihat tanda-tanda verbal dan visual yang terdapat dalam iklan cetak McDonald&#x201F;s. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teori tipe-tipe tanda yang diusulkan Peirce dan juga teori makna konotatif dan mitos yang diusulkan Barthes. Penulis menemukan bahwa terdapat 30 ikon, 14 indeks dan 22 simbol dari 66 total keseluruhan tanda. Kebanyakan makna konotatif merefleksikan pesan dan cara tertentu untuk mengungkapkan tema produk. Tiap tanda mempunyai peran penting dalam membangun interpretasi yang diharapkan. Tanda- tanda mempunyai fungsi untuk memperjelas, mendukung dan memperkuat suatu pesan yang ingin disampaikan. Logo McDonald&#x201F;s dianggap mempunyai mitos yang paling kuat karenaselalu terdapat dalam tiap iklan. Seiring berjalannya waktu huruf kapital &#x201C;M&#x201D; mengandung mitos dari kebudayaan Amerika dalam gaya hidup dan makanan yang membuat orang-orang Amerika menjadi cepat dalam segala hal. Penulis menyarankan peneliti selanjutnya agar memakai iklan dalam bentuk yang berbeda sebagai objek penelitian. Peneliti selanjutnya juga disarankan untuk menambahkan teori-teori semiotika lain untuk mendapatkan pemahaman lebih tentang semiotika.</description><date>2014-01-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/100801/1/SKRIPSI_SITI_URAIDA.pdf</identifier><identifier> Uraida, Siti (2014) Semiotic Analysis Of Mcdonald&#x2019;s Printed Advertisement. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2014/118/051400943</relation><recordID>100801</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Uraida, Siti
title Semiotic Analysis Of Mcdonald’s Printed Advertisement
publishDate 2014
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/100801/1/SKRIPSI_SITI_URAIDA.pdf
http://repository.ub.ac.id/100801/
contents Iklan cetak mempunyai fungsi sebagai media untuk mempromosikan suatu produk. Secara implisit, iklan mengajak masyarakat untuk membeli suatup roduk tertentu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan iklan cetak restoran cepat saji McDonald‟s sebagai objek penelitian. Semua iklan cetak akan dianalisa menggunakan pendekatans emiotika. Terdapat tujuh iklan cetak yang akan dianalisa dalam studi ini. Semua iklan cetak berasal dari tema promosi yang berbeda. Tema-tema tersebut adalah Pembukaan took baru, Ulang Tahun, McBreakfast, McCafee, IdulFitri, Hallowen and Milshake. Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) apa tanda-tanda semiotika yang dapat ditemukan dalam iklan cetak McDonald‟s?; (2) apa makna konotasi yang terkandung dalam iklan cetak McDonald‟s? (3) apa interpretasi mitos yang terkandung dalam logo McDonald‟s?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa dokumen karena hasil dari penelitian ini berfokus pada identifikasi tanda, interpretasi makna konotasi dan mitos didalam iklan cetak McDonald‟s. Penulis mengumpulkan data dengan melihat tanda-tanda verbal dan visual yang terdapat dalam iklan cetak McDonald‟s. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teori tipe-tipe tanda yang diusulkan Peirce dan juga teori makna konotatif dan mitos yang diusulkan Barthes. Penulis menemukan bahwa terdapat 30 ikon, 14 indeks dan 22 simbol dari 66 total keseluruhan tanda. Kebanyakan makna konotatif merefleksikan pesan dan cara tertentu untuk mengungkapkan tema produk. Tiap tanda mempunyai peran penting dalam membangun interpretasi yang diharapkan. Tanda- tanda mempunyai fungsi untuk memperjelas, mendukung dan memperkuat suatu pesan yang ingin disampaikan. Logo McDonald‟s dianggap mempunyai mitos yang paling kuat karenaselalu terdapat dalam tiap iklan. Seiring berjalannya waktu huruf kapital “M” mengandung mitos dari kebudayaan Amerika dalam gaya hidup dan makanan yang membuat orang-orang Amerika menjadi cepat dalam segala hal. Penulis menyarankan peneliti selanjutnya agar memakai iklan dalam bentuk yang berbeda sebagai objek penelitian. Peneliti selanjutnya juga disarankan untuk menambahkan teori-teori semiotika lain untuk mendapatkan pemahaman lebih tentang semiotika.
id IOS4666.100801
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:39:27Z
last_indexed 2021-10-28T06:50:56Z
recordtype dc
_version_ 1751455949657210880
score 17.538404