A Stylistic Analysis on Printed Car Advertisements

Main Author: Agustina, Sheila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/100724/1/SKRIPSI_SHEILA_AGUSTINA_0811110070.pdf
http://repository.ub.ac.id/100724/
ctrlnum 100724
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/100724/</relation><title>A Stylistic Analysis on Printed Car Advertisements</title><creator>Agustina, Sheila</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Selama perkembangannya, pembuatan iklan tidak lagi hanya didasarkan pada kebutuhan memberi informasi semata, tapi juga meyakinkan masyarakat. Jika demikian, maka daya tarik sebuah iklan akan terletak pada gaya bahasanya. Penulis mengadakan sebuah studi tentang analisis gaya bahasa pada iklan mobil di media cetak yang menunjukkan pola bahasa tertentu pada slogan dalam iklan. Ada dua rumusan masalah yang akan dipecahkan dalam studi ini, yaitu: (1) alat bahasa apa saja yang ditemukan pada iklan mobil di media cetak dan (2) bagaimana alat bahasa tersebut digunakan pada iklan mobil di media cetak. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif karena semua data yang digunakan didalamnya berbentuk deskriptif. Textual atau document analysis digunakan dalam studi ini untuk menganalisa gaya bahasa pada slogan dalam iklan mobil di media cetak. Studi ini mengungkapkan bahwa terdapat beberapa elemen linguistik yang berfungsi sebagai alat bahasa digunakan pada slogan dalam iklan mobil pada media cetak. Dalam studi ini, penulis menemukan empat alat yang berhubungan dengan aspek phonology. Alat tersebut adalah aliterasi, asonansi, konsonansi, dan repetisi. Untuk aspek leksis, terdapat lima alat yang ditemukan yaitu kata sifat, angka, sudut pandang, masa, dan voice. Untuk aspek sintaksis, penulis menemukan tiga alat, dan alat tersebut adalah kata benda dan frase kata benda, frase kata kerja, dan kalimat. Sedangkan untuk aspek semantik, terdapat tiga alat yang ditemukan yaitu hiperbola, simile, dan personifikasi. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin mengadakan penelitian serupa agar menambah jumlah data untuk dapat menyamaratakan hasil analisis. Penulis juga menyarankan untuk menginvestigasi lebih lanjut peran visualisasi gambar pada iklan cetak atau mungkin menganalisa perbandingan iklan-iklan berbeda jenis untuk mengungkap bagaimana gaya bahasa pada satu jenis iklan berbeda dengan iklan lainnya.</description><date>2013-08-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/100724/1/SKRIPSI_SHEILA_AGUSTINA_0811110070.pdf</identifier><identifier> Agustina, Sheila (2013) A Stylistic Analysis on Printed Car Advertisements. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2013/37/051301156</relation><recordID>100724</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Agustina, Sheila
title A Stylistic Analysis on Printed Car Advertisements
publishDate 2013
isbn 9780811110075
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/100724/1/SKRIPSI_SHEILA_AGUSTINA_0811110070.pdf
http://repository.ub.ac.id/100724/
contents Selama perkembangannya, pembuatan iklan tidak lagi hanya didasarkan pada kebutuhan memberi informasi semata, tapi juga meyakinkan masyarakat. Jika demikian, maka daya tarik sebuah iklan akan terletak pada gaya bahasanya. Penulis mengadakan sebuah studi tentang analisis gaya bahasa pada iklan mobil di media cetak yang menunjukkan pola bahasa tertentu pada slogan dalam iklan. Ada dua rumusan masalah yang akan dipecahkan dalam studi ini, yaitu: (1) alat bahasa apa saja yang ditemukan pada iklan mobil di media cetak dan (2) bagaimana alat bahasa tersebut digunakan pada iklan mobil di media cetak. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif karena semua data yang digunakan didalamnya berbentuk deskriptif. Textual atau document analysis digunakan dalam studi ini untuk menganalisa gaya bahasa pada slogan dalam iklan mobil di media cetak. Studi ini mengungkapkan bahwa terdapat beberapa elemen linguistik yang berfungsi sebagai alat bahasa digunakan pada slogan dalam iklan mobil pada media cetak. Dalam studi ini, penulis menemukan empat alat yang berhubungan dengan aspek phonology. Alat tersebut adalah aliterasi, asonansi, konsonansi, dan repetisi. Untuk aspek leksis, terdapat lima alat yang ditemukan yaitu kata sifat, angka, sudut pandang, masa, dan voice. Untuk aspek sintaksis, penulis menemukan tiga alat, dan alat tersebut adalah kata benda dan frase kata benda, frase kata kerja, dan kalimat. Sedangkan untuk aspek semantik, terdapat tiga alat yang ditemukan yaitu hiperbola, simile, dan personifikasi. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin mengadakan penelitian serupa agar menambah jumlah data untuk dapat menyamaratakan hasil analisis. Penulis juga menyarankan untuk menginvestigasi lebih lanjut peran visualisasi gambar pada iklan cetak atau mungkin menganalisa perbandingan iklan-iklan berbeda jenis untuk mengungkap bagaimana gaya bahasa pada satu jenis iklan berbeda dengan iklan lainnya.
id IOS4666.100724
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:39:22Z
last_indexed 2021-10-28T06:50:49Z
recordtype dc
_version_ 1751455951731294208
score 17.538404