Implicature Analysis On Cigarette Advertisement Slogans

Main Author: Mutmainnah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/100715/1/IMPLICATURE_ANALYSIS_ON_CIGARETTE_ADVERTISEMENT_SLOGANS.pdf
http://repository.ub.ac.id/100715/
ctrlnum 100715
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/100715/</relation><title>Implicature Analysis On Cigarette Advertisement Slogans</title><creator>Mutmainnah</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Beberapa iklan tidak bisa menampilkan produknya untuk menarik konsumennya karena pemerintah tidak membolehkan iklan tersebut menampilkan wujud dari produk tersebut. Di Indonesia terdapat tiga iklan yang terkena aturan ini yaitu alkohol, kondom, dan rokok. Jadi, hal itu membuat perusahaan tersebut menciptakan slogan dari produk tersebut yang lebih kreatif dari yang lain. Oleh karena itu, slogan iklan rokok sangat menarik untuk dijadikan bahan kajian karena slogan rokok memiliki banyak makna tersirat. Dalam kajian ini, masalah kajian yang dirumuskan yaitu apa makna yang terkandung dalam implikatur yang ditemukan dalam slogan iklan rokok?. Kajian ini menggunakan teori conversational implicature dari Grice. Kajian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena yang dipelajari dengan jelas dan sistematis. Kajian deskripsi secara tekstual digunakan karena kajian ini bertujuan untuk menganalisis slogan iklan rokok. Data kajian ini diunduh dari internet dan dipilih berdasarkan 10 iklan rokok yang paling sering muncul di televisi. Data yang telah terkumpul dianalisa berdasarkan pesan yang terkandung dalam general dan particular implikatur di slogan iklan rokok. Dalam kajian ini, semua data mepunyai implikatur general dan particular. Peneliti juga mendapati bahwa sebagian besar makna slogan iklan rokok berisi kalimat ajakan, pesan untuk pembaca, dan juga motivasi untuk pembaca. Beberapa produk juga berisi tentang informasi tentang perubahan rokok tersebut seperti perubahan ukuran maupun rasa dari rokok tersebut. Jadi, setiap perusahaan rokok mempunyai cara berbeda- beda untuk menarik minat pembeli pada tiap produk rokok. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa untuk memahami lebih tentang implikatur, tidak hanya fokus pada conversational implicature tapi juga menganalisa tentang conventional implicature dan flouting maxim, mereka juga dapat mencoba menggunakan teori lainnya seperti relevance theory dari Sperber dan Wilson. Kajian mereka diharapkan untuk bisa menjadi kajian yang lebih lengkap dan lebih mudah dimengerti.</description><date>2014-01-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/100715/1/IMPLICATURE_ANALYSIS_ON_CIGARETTE_ADVERTISEMENT_SLOGANS.pdf</identifier><identifier> Mutmainnah (2014) Implicature Analysis On Cigarette Advertisement Slogans. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2013/257/051400605</relation><recordID>100715</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mutmainnah
title Implicature Analysis On Cigarette Advertisement Slogans
publishDate 2014
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/100715/1/IMPLICATURE_ANALYSIS_ON_CIGARETTE_ADVERTISEMENT_SLOGANS.pdf
http://repository.ub.ac.id/100715/
contents Beberapa iklan tidak bisa menampilkan produknya untuk menarik konsumennya karena pemerintah tidak membolehkan iklan tersebut menampilkan wujud dari produk tersebut. Di Indonesia terdapat tiga iklan yang terkena aturan ini yaitu alkohol, kondom, dan rokok. Jadi, hal itu membuat perusahaan tersebut menciptakan slogan dari produk tersebut yang lebih kreatif dari yang lain. Oleh karena itu, slogan iklan rokok sangat menarik untuk dijadikan bahan kajian karena slogan rokok memiliki banyak makna tersirat. Dalam kajian ini, masalah kajian yang dirumuskan yaitu apa makna yang terkandung dalam implikatur yang ditemukan dalam slogan iklan rokok?. Kajian ini menggunakan teori conversational implicature dari Grice. Kajian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena yang dipelajari dengan jelas dan sistematis. Kajian deskripsi secara tekstual digunakan karena kajian ini bertujuan untuk menganalisis slogan iklan rokok. Data kajian ini diunduh dari internet dan dipilih berdasarkan 10 iklan rokok yang paling sering muncul di televisi. Data yang telah terkumpul dianalisa berdasarkan pesan yang terkandung dalam general dan particular implikatur di slogan iklan rokok. Dalam kajian ini, semua data mepunyai implikatur general dan particular. Peneliti juga mendapati bahwa sebagian besar makna slogan iklan rokok berisi kalimat ajakan, pesan untuk pembaca, dan juga motivasi untuk pembaca. Beberapa produk juga berisi tentang informasi tentang perubahan rokok tersebut seperti perubahan ukuran maupun rasa dari rokok tersebut. Jadi, setiap perusahaan rokok mempunyai cara berbeda- beda untuk menarik minat pembeli pada tiap produk rokok. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa untuk memahami lebih tentang implikatur, tidak hanya fokus pada conversational implicature tapi juga menganalisa tentang conventional implicature dan flouting maxim, mereka juga dapat mencoba menggunakan teori lainnya seperti relevance theory dari Sperber dan Wilson. Kajian mereka diharapkan untuk bisa menjadi kajian yang lebih lengkap dan lebih mudah dimengerti.
id IOS4666.100715
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:39:22Z
last_indexed 2021-10-28T06:50:49Z
recordtype dc
_version_ 1751455951770091520
score 17.538404