Implicature Analysis On Cigarette Advertisement Slogans
Main Author: | Mutmainnah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100715/1/IMPLICATURE_ANALYSIS_ON_CIGARETTE_ADVERTISEMENT_SLOGANS.pdf http://repository.ub.ac.id/100715/ |
ctrlnum |
100715 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/100715/</relation><title>Implicature Analysis On Cigarette Advertisement Slogans</title><creator>Mutmainnah</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Beberapa iklan tidak bisa menampilkan produknya untuk menarik konsumennya karena pemerintah tidak membolehkan iklan tersebut menampilkan wujud dari produk tersebut. Di Indonesia terdapat tiga iklan yang terkena aturan ini yaitu alkohol, kondom, dan rokok. Jadi, hal itu membuat perusahaan tersebut menciptakan slogan dari produk tersebut yang lebih kreatif dari yang lain. Oleh karena itu, slogan iklan rokok sangat menarik untuk dijadikan bahan kajian karena slogan rokok memiliki banyak makna tersirat. Dalam kajian ini, masalah kajian yang dirumuskan yaitu apa makna yang terkandung dalam implikatur yang ditemukan dalam slogan iklan rokok?. Kajian ini menggunakan teori conversational implicature dari Grice. Kajian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena yang dipelajari dengan jelas dan sistematis. Kajian deskripsi secara tekstual digunakan karena kajian ini bertujuan untuk menganalisis slogan iklan rokok. Data kajian ini diunduh dari internet dan dipilih berdasarkan 10 iklan rokok yang paling sering muncul di televisi. Data yang telah terkumpul dianalisa berdasarkan pesan yang terkandung dalam general dan particular implikatur di slogan iklan rokok. Dalam kajian ini, semua data mepunyai implikatur general dan particular. Peneliti juga mendapati bahwa sebagian besar makna slogan iklan rokok berisi kalimat ajakan, pesan untuk pembaca, dan juga motivasi untuk pembaca. Beberapa produk juga berisi tentang informasi tentang perubahan rokok tersebut seperti perubahan ukuran maupun rasa dari rokok tersebut. Jadi, setiap perusahaan rokok mempunyai cara berbeda- beda untuk menarik minat pembeli pada tiap produk rokok. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa untuk memahami lebih tentang implikatur, tidak hanya fokus pada conversational implicature tapi juga menganalisa tentang conventional implicature dan flouting maxim, mereka juga dapat mencoba menggunakan teori lainnya seperti relevance theory dari Sperber dan Wilson. Kajian mereka diharapkan untuk bisa menjadi kajian yang lebih lengkap dan lebih mudah dimengerti.</description><date>2014-01-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/100715/1/IMPLICATURE_ANALYSIS_ON_CIGARETTE_ADVERTISEMENT_SLOGANS.pdf</identifier><identifier> Mutmainnah (2014) Implicature Analysis On Cigarette Advertisement Slogans. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2013/257/051400605</relation><recordID>100715</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mutmainnah |
title |
Implicature Analysis On Cigarette Advertisement Slogans |
publishDate |
2014 |
topic |
420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
url |
http://repository.ub.ac.id/100715/1/IMPLICATURE_ANALYSIS_ON_CIGARETTE_ADVERTISEMENT_SLOGANS.pdf http://repository.ub.ac.id/100715/ |
contents |
Beberapa iklan tidak bisa menampilkan produknya untuk menarik konsumennya karena pemerintah tidak membolehkan iklan tersebut menampilkan wujud dari produk tersebut. Di Indonesia terdapat tiga iklan yang terkena aturan ini yaitu alkohol, kondom, dan rokok. Jadi, hal itu membuat perusahaan tersebut menciptakan slogan dari produk tersebut yang lebih kreatif dari yang lain. Oleh karena itu, slogan iklan rokok sangat menarik untuk dijadikan bahan kajian karena slogan rokok memiliki banyak makna tersirat. Dalam kajian ini, masalah kajian yang dirumuskan yaitu apa makna yang terkandung dalam implikatur yang ditemukan dalam slogan iklan rokok?. Kajian ini menggunakan teori conversational implicature dari Grice. Kajian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena yang dipelajari dengan jelas dan sistematis. Kajian deskripsi secara tekstual digunakan karena kajian ini bertujuan untuk menganalisis slogan iklan rokok. Data kajian ini diunduh dari internet dan dipilih berdasarkan 10 iklan rokok yang paling sering muncul di televisi. Data yang telah terkumpul dianalisa berdasarkan pesan yang terkandung dalam general dan particular implikatur di slogan iklan rokok. Dalam kajian ini, semua data mepunyai implikatur general dan particular. Peneliti juga mendapati bahwa sebagian besar makna slogan iklan rokok berisi kalimat ajakan, pesan untuk pembaca, dan juga motivasi untuk pembaca. Beberapa produk juga berisi tentang informasi tentang perubahan rokok tersebut seperti perubahan ukuran maupun rasa dari rokok tersebut. Jadi, setiap perusahaan rokok mempunyai cara berbeda- beda untuk menarik minat pembeli pada tiap produk rokok. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa untuk memahami lebih tentang implikatur, tidak hanya fokus pada conversational implicature tapi juga menganalisa tentang conventional implicature dan flouting maxim, mereka juga dapat mencoba menggunakan teori lainnya seperti relevance theory dari Sperber dan Wilson. Kajian mereka diharapkan untuk bisa menjadi kajian yang lebih lengkap dan lebih mudah dimengerti. |
id |
IOS4666.100715 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-18T05:39:22Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:50:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751455951770091520 |
score |
17.538404 |