A Study On Language Learning Strategies Used By International Class Program Students At Faculty Of Law Universitas Brawijaya. Study Program Of English, Department Of Languages And Literature, Faculty
Main Author: | Ayuningtyas, DahliaSritanjung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100697/1/SKRIPSI_FIX.pdf http://repository.ub.ac.id/100697/ |
Daftar Isi:
- Dewasa Ini, Bahasa Inggris Dikenal Sebagai Bahasa Internasional Yang Digunakan Untuk Berkomunikasi. Mengingat Bahasa Inggris Mempunyai Peran Penting Dalam Komunikasi Internasional, Kebanyakan Siswa Di Indonesia Harus Belajar Bahasa Inggris Dari Tingkatan Dasar Sampai Tingkat Universitas. Sehingga, Bahasa Inggris Menjadi Mata Pelajaran Wajib Di Indonesia, Sebagai Bahasa Asing Di Indonesia Belajar Bahasa Inggris Tidaklah Mudah. Ada Beberapa Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Belajar Bahasa, Salah Satunya Adalah Strategi Belajar. Penelitian Ini Dilakukan Untuk Mengetahui Strategi Pembelajaran Bahasa Yang Diaplikasikan Oleh Mereka Dan Juga Untuk Menguji Strategi Belajar Apa Yang Paling Disukai Oleh Mahasiswa Pada Ajaran Tahun 2010 Di Fakultas Hukum Kelas Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Deskriptif Kuantitatif. Partisipan Yang Diteliti Adalah 25 Mahasiswa Pada Ajaran Tahun 2010 Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Data Studi Ini Didapat Dari Kuesioner SILL Yang Diisi Oleh Para Mahasiswa. Hasilnya, Menunjukkan Bahwa Pengaplikasian Strategi Pembelajaran Bahasa Berada Pada Level Sedang, Yang Berarti Para Siswa Terkadang Menggunakan Strategi Pembelajaran. Secara Spesifik, Metakognitif Merupakan Strategi Yang Paling Sering Digunakan, Diikuti Oleh Strategi Sosial, Kompensasi, Kognitif, Affektif Dan Memori. Kesimpulannya Adalah, Berdasarkan Skor Mengungkapkan Bahwa Hasil Dari 6 Macam Strategi Belajar Hampir Setiap Tipe Strategi Mempunyai Level Yang Sama Dalam Penggunaanya. Sementara Itu, Tetap Ada Strategi Yang Paling Disukai Oleh Para Mahasiswa, Dari Enam Tipe Strategi Tersebut Yang Paling Disukai Adalah Strategi Metakognitif. Penulis Menyarankan Agar Dosen Bahasa Inggris Dapat Membantu Mahasiswa Untuk Lebih Mengerti Pentingnya Strategi Pembelajaran Bahasa Atau Memberikan Latihan Kepada Mahasiswa Untuk Dapat Mengaplikasikan Dalam Kegiatan Belajar. Untuk Peneliti Selanjutnya Disarankan Untuk Menggunakan Variabel Perbedaan Individual Lainnya Dalam Melakukan Penelitian Strategi Belajar Bahasa