Error Analysis On Descriptive Paragraph Made By First Grade Students Of Sma Negeri 4 Malang

Main Author: Wardani, KarlinaSapta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/100693/1/KARLINA_SAPTA_WARDANI_%280911110049%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/100693/
Daftar Isi:
  • Memperoleh bahasa kedua tidak mudah bagi pelajar karena mereka harus belajar lebih banyak tentang aturan dalam bahasa kedua.Membuat kesalahan dalam memperoleh bahasa kedua tidak bisa dihindari karena pelajar masih menggunakan aturan dalam bahasa pertama mereka untuk mentransfer bahasa kedua. Oleh karena itu , kesalahan dianggap sebagai hasil kebiasaan dari bahasa asli yang ada dalam bahasa baru. Penelitian ini meneliti kesalahan siswa dalam paragraf deskriptif yang dibuat oleh siswa kelas satu di SMA N 4 Malang . Para siswa sering membuat kesalahan saat menulis sebuah paragraf deskriptif.Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaituapa saja jenis kesalahan yang ditemukan dan apa sumber kesalahan yang ditemukan dalam paragrap deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan jenis kesalahanyang ditemukan dan untuk menyelidiki sumber kesalahan yang ditemukan. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Penelitian ini dilakukan di SMA N 4 Malang.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas satu SMA N 4 Malang.Kelas-kelas yang digunakan sebagai sampel adalah tiga kelas di kelas satu yang diajarkan oleh guru yang sama.Teknik untuk menganalisis data adalah menggunakan teori analisis kesalahan oleh Dulay (1982). Langkahlangkah analisis data dimulai dari pengumpulan data,mengidentifikasi kesalahan,menjelaskan kesalahan,menjelaskan kesalahan dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk jenis kesalahan berdasarkan pada strategi taksonomi masing-masing kesalahan yaitu pada omissions (37%),addition (21%)misformations (38%) ,dan misordering (4%).Kesalahan omission adalah kesalahan tertinggi yang terjadi.Hasil darisumber kesalahan adalah transfer interlingual ( 18 % ),( 9 % ) untuk overgeneralization ( Ov ) ,1 kesalahan untuk ignorance of rule restriction,( 22 % ) untuk incomplete application of rule ,( 40 % ) untuk false concept hypothesized, dan (11%) untuk communication strategies. Penelitian ini berguna bagi para siswa dan guru karena membantu guru untuk mengetahui permasalahan siswa dalam menulis paragraf.Disarankan bahwa siswa kelas satu SMA N 4 Malang harus diberikan latihan intensif pada struktur yang benar dalam tulisan mereka dan para siswa dapat memperbaiki tulisan mereka dalam menggunakan bahasa kedua . Hal ini diperlukan untuk siswa kelas satu dan guru SMA N 4 Malang untuk meningkatkan pengajaran dan proses belajar .