Conversational Implicature Found in Euro Trip Movie

Main Author: Huda, Miftahul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/100689/1/Skripsi_PDF.pdf
http://repository.ub.ac.id/100689/
Daftar Isi:
  • Komunikasi verbal adalah salah satu bagian penting pada kehidupan manusia. Sebuah study yang berkaitan dengan komunikasi verbal adalah pragmatik. Pragmatik membahas tentang pesan yang ditujukan, asumsi orang orang, maksud dan tujuan pada suatu peristiwa. Studi ini mencoba untuk menganalisa secara pragmatik mengenai makna tersirat pada suatu percakapan atau singkatnya disebut implikatur pada dialog film yang berjudul Euro Trip berdasarkan teori prinsip kerjasama yang dikemukakan oleh Grice. Tujuan utama dari studi ini adalah menemukan bagaimana ucapan dapat memiliki makna diluar makna harfiahnya dengan cara melanggar prinsip maksim karena pelanggaran maksim adalah cara memacu lawan bicara untuk menarik kesimpulan dan mengungkap makna tersirat atau implikatur. Terdapat 3 rumusan masalah pada yang diamati yaitu: (1) Implikatur apa sajakah yang terdapat pada dialog film berjudul Euro Trip (2) Apa jenis implikatur yang terdapat pada dialog film berjudul Euro Trip (3) Apa fungsi implikatur tersebut. Metode penelitian pada studi ini adalah pendekatan kualitatif yang menggunakan analisa konten. Hal ini dimaksudkan untuk menelusuri tiga rumusan masalah yang berkaitan dengan implikatur percakapan. Data berupa ucapan ucapan yang mengandung implikatur dan data diambil dari transkrip teks bahasa Inggris film berjudul Euro Trip. Hasil dari studi ini menjelaskan pengenalan terjadinya implikatur pada dialog, penentuan jenis implikatur dan fungsi implikatur tersebut. Implikatur tercipta sebagai akibat pelanggaran maksim, Jenis implikatur yang muncul adalah implikatur umum dan implikatur khusus. Implikatur pada penelitian ini memilik 4 fungsi khusus yang bernama Representatif, Direktif, Ekspresif dan Komisif. Penulis berharap kepada peneliti berikutnya untuk mempelajari konsep implikatur percakapan pada objek lain seperti iklan, koran, acara TV, dan lainnya. Penulis juga berharap pada peneliti berikutnya untuk mengidentifikasi implikatur dengan teori yang berbeda seperti teori relevansi.