Motivation In Learning English Of First Year Students At Study Program Of English Faculty Of Cultural Studies Universitas Brawijaya
Main Author: | Alfiana, Fauziah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100684/1/jurnal.pdf http://repository.ub.ac.id/100684/ |
Daftar Isi:
- Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi siswa sukses dalam belajar bahasa Inggris, salah satunya adalah motivasi. Motivasi adalah salah satu aspek penting yang dibutuhkan oleh siswa dalam mencapai hasil belajar. Dalam penelitian ini, penulis meneliti jenis-jenis motivasi dalam belajar bahasa Inggris, dan tingkatan motivasi dalam belajar bahasa Inggris, dan korelasi antara motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa tahun pertama di Program Studi Fakultas Inggris Studi Budaya Universitas Brawijaya dengan prestasi mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Obyek penelitian adalah 70 mahasiswa tahun pertama di Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Data untuk penelitian ini dianalisa dengan menggunakan kuesioner LLOS-IEA oleh Noels, Pelletier, Clement, dan Vallerand yang diisi oleh para mahasiswa dan nilai IPK tahun pertama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik dimiliki oleh mahasiswa tahun pertama di Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya bahwa motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang paling dominan yang dimiliki oleh mahasiswa tahun pertama dengan persentase (53%) dari pada motivasi intrinsik (47%). Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa tahun pertama memiliki motivasi ekstrinsik untuk belajar bahasa Inggris karena mereka didorong oleh keluarga, kelompok, atau masyarakat. Selanjutnya, terdapat korelasi antara motivasi intrinsik dan prestasi siswa dengan nilai (p: .001/r: .113). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa tahun pertama di Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya lebih termotivasi secara ekstrinsik dalam belajar bahasa Inggris meskipun motivasi intrinsik berkorelasi dengan prestasi dalam studi mereka. Oleh karena itu, disarankan agar mahasiswa memiliki motivasi, khususnya motivasi intrinsik dalam belajar bahasa Inggris ditingkatkan untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam studi mereka.a