A Semiotics Study on Slogan and Picture of A Mild Advertisement “Bukan Basa Basi” Red Box version
Main Author: | Azmi, Khoiril |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100668/1/A_Semiotics_Study_on_Slogan_and_Pictureof_A_Mild_Advertiseme.pdf http://repository.ub.ac.id/100668/ |
Daftar Isi:
- Komunikasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, baik menggunakan komunikasi verbal maupun komunikasi non-verbal. Komunikasi verbal menggunakan bahasa dan komunikasi non-verbal adalah komunikasi non-linguistik. Komunikasi non-linguistik dapat dilakukan dengan menggunakan tanda-tanda, sinyal, atau simbol (Mulyana, 2000, p.308). Tanda merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi. Sehingga, tanda berfungsi sebagai pemberi makna terhadap pesan yang terbentuk dan dapat tersampaikan kepada pembaca. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis semiotika dalam iklan A Mild "Bukan Basa Basi" versi Kotak Merah. Penelitian ini akan menjawab tiga pertanyaan, yaitu: (1) Apa tanda-tanda yang ditemukan dalam iklan, (2) Apa makna dari tanda-tanda dalam iklan Dan (3) Bagaimana tanda-tanda mendukung gagasan iklan. Penelitian ini menggunakan teori Peirce model triadic seperti ikon, indek, dan simbol. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena tentang apa yang terjadi pada subjek penelitian ini seperti perilaku, persepsi, motivasi dan tindakan. Peneliti melakukan analisis isi atau dokumen untuk menganalisa tanda-tanda yang digunakan dalam iklan A Mild "Bukan Basa Basi" versi kotak merah. Penelitian ini mengungkapkan bahwa beberapa tanda-tanda mewakili isi iklan. Ada tanda-tanda yang dicontohkan oleh Peircean diterapkan dalam iklan A Mild "Bukan Basa Basi" versi Kotak Merah. Dalam enam iklan, tanda-tanda ikon, indeks dan simbol ditemukan dari iklan A Mild "Bukan Basa Basi" versi Kotak Merah. Tanda-tanda yang ditemukan adalah ikon dari deskripsi gambar yang mewakili arti dari indeks yang merupakan tagline dari iklan. Dimana dalam setiap iklan A Mild "Bukan Basa Basi" versi Kotak Merah, ikon dan indeks memiliki korelasi dalam bentuk pemahaman dan didukung oleh symbol. Simbol merupakan slogan sebagai sebuah penguat deskripsi makna ikon dan indeks . Selain itu, enam iklan A Mild "Bukan Basa Basi" versi Kotak Merah memiliki pola yang sama dalam aplikasi karakteristik gambar tata letak, tagline dan slogan. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya mengembangkan studi semiotik dengan meneliti objek yang berbeda seperti logo, merek produk dan sampul musik.