Semiotics Study on Connotative Meaning in World Wildlife Fund (WWF) Advertising Campaign Published Under the ‘Save The Tiger’ Theme
Daftar Isi:
- Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Iklan tidak hanya digunakan untuk hal-hal komersial tetapi ada juga iklan yang bukan termasuk iklan komersial, salah satunya yaitu iklan advokasi. Penggunaan tanda dalam iklan sangat membantu dalam hal mentransfer ide atau gagasan serta pesan dari pembuat iklan dengan masyarakat. Mengingat pentingnya penerapan tanda dalam iklan tersebut, penulis mengadakan suatu studi tentang tanda dan maknanya dalam iklan World Wildlife Fund (WWF) yang berfokus pada tema "Save the Tiger". Studi ini menunjukkan penggunaan tanda dalam iklan yang menggambarkan fenomena tentang harimau. Karena itulah dalam studi ini penulis akan menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Tanda yang terdapat dalam iklan World Wildlife Fund (WWF) yang bertema "Save the Tiger"; (2) Makna yang terkandung dalam tanda-tanda pada iklan World Wildlife Fund (WWF) yang bertema "Save the Tiger"; (3) Bagaimana tanda-tanda tersebut mendukung ide dari iklan World Wildlife Fund (WWF). Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif karena menggunakan opini atau pendapat tentang suatu fenomena yang dibahas. Analisis dokumen juga diterapkan dalam studi ini untuk mengidentifikasi tanda dan mengetahui makna tanda pada objek data yang akan dianalisis. Data dalam studi ini adalah enam iklan online dari World Wildlife Fund (WWF) yang bertema "Save the Tiger". Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat lima topik dalam iklan WWF yang dianalisis, yaitu perburuan liar, suvenir ilegal, kepunahan harimau, kerusakan habitat dan pengumpulan bantuan untuk harimau. Penulis menemukan terdapat 24 ikon, 14 index dan 17 simbol dari 55 total keseluruhan tanda. Penggunaan tanda berbentuk ikon paling banyak ditemukan dalam iklan. Penulis menemukan bahwa pada setiap iklan terdapat tanda-tanda yang digunakan untuk memperjelas makna dan tiap-tiap tanda tersebut memiliki makna tertentu terkait dengan topik iklan yg dibahas. Setiap tanda dalam iklan memiliki posisi tertentu yaitu sebagai tanda utama atau tanda pendukung. Kombinasi tanda utama dan pendukung itulah yang memperjelas makna iklan. Setiap tanda tersebut memiliki kontribusi yang penting dalam pembentukan ide iklan sehingga suatu iklan dapat dilihat sebagai satu kesatuan ide yang utuh meskipun terdiri dari tanda yang berbeda. Penulis menyarankan pada peneliti selanjutnya untuk menggunakan tema lain dalam iklan WWF. Kemudian penulis juga menyarankan untuk menggunakan teori semiotik yang lain agar meningkatkan pemahaman mengenai semiotik.